PERBEDAAN PENGGUNAAN METODE STUDENT TEAMS-ACHIEVEMENT DIVISION DENGAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN KERJA SAMA DAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 SLEMAN

Yunitasari, Patridina (2015) PERBEDAAN PENGGUNAAN METODE STUDENT TEAMS-ACHIEVEMENT DIVISION DENGAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN KERJA SAMA DAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 SLEMAN. S1 thesis, FIS.

[img] Text
SKRIPSI FULL 11416244006.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)
[img] Other (Skripsi Digital)
SKRIPSI FULL 11416244006mm.swf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini karena masih belum optimalnya pengembangan kemampuan kerja sama dan rendahnya hasil belajar IPS kelas VIII SMP Negeri 2 Sleman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan metode STAD dan metode CIRC dalam meningkatkan kemampuan kerja sama dan hasil belajar IPS siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi experimental) dengan desain pretest-posttest, randomized group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP N 2 Sleman sebanyak 192 siswa. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik purposive sampling yaitu kelas VIII E sebagai kelas eksperimen 1 dan kelas VIII F sebagai kelas eksperimen 2. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket dan tes. Validitas instrumen diuji dengan menggunakan validitas isi dan validitas konstruk. Reliabilitas diuji dengan metode Alpha Cronbach. Uji prasyarat analisi dalam penelitian ini adalah uji normalitas dan homogenitas. Uji hipotesis yang digunakan yaitu uji-t (independent sample t-test) Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara metode STAD dan metode CIRC dalam meningkatkan kemampuan kerja sama dan hasil belajar IPS siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Sleman. Perbedaan yang signifikan dalam meningkatkan kemampuan kerja sama antara metode STAD dan metode CIRC dalam pembelajaran IPS kelas VIII SMP Negeri 2 Sleman dibuktikan dengan nilai thitung > ttabel (5,293 > 2,000) dan nilai signifikansi < 0,05 yaitu sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar yang signifikan antara metode STAD dan metode CIRC dalam hasil belajar IPS siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Sleman yang dibuktikan dengan nilai thitung > ttabel (2,571 > 2,000) dan nilai signifikansi < 0,05 yaitu sig. (2-tailed) 0,013 < 0,05. Kata kunci : metode STAD, metode CIRC, kerja sama, hasil belajar IPS

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan IPS
Depositing User: Admin Pendidikan IPS FIS
Date Deposited: 24 Mar 2016 01:36
Last Modified: 30 Jan 2019 07:00
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30454

Actions (login required)

View Item View Item