PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE INSIDE-OUTSIDE CIRCLE SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS VIII D SMP NEGERI 3 DEPOK

Zantania, Provita Devi (2015) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE INSIDE-OUTSIDE CIRCLE SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS VIII D SMP NEGERI 3 DEPOK. S1 thesis, FIS.

[img] Text
SKRIPSI 11416244031.pdf
Restricted to Registered users only

Download (32MB)
[img] Other (Skripsi Digital)
SKRIPSI 11416244031mmm.swf - Published Version

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar IPS siswa kelas VIII D SMP Negeri 3 Depok. Tujuan dari penelitian ini untuk(1)mengetahui bagaimana penerapan model pembelajaran kooperatif tipe inside-outside circlesebagai upaya meningkatkanhasil belajar IPS siswa kelas VIII D SMP Negeri 3 Depok; dan (2)mengetahui peningkatan hasil belajar IPS siswamelalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe inside-outside circledi kelas VIII D SMP Negeri 3 Depok. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan dan pengamatan, serta refleksi. Subjek penelitian kelas VIII D SMP Negeri 3 Depok tahun ajaran 2015/2016 yang berjumlah 32 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu: observasi, penilaian diri, wawancara, dan tes. Teknik analisis data dalam penelitian ini terdiri dari data reduction (reduksi data), datadisplay (penyajian data), dan conclusion drawing/ verification (penarikan kesimpulan/ verifikasi).Uji validitas data dalam penelitian ini dengan triangulasi. Uji realibilitas menggunakan rumus K-R 20 untuk instrumen tes. Hasil dari penelitian ini adalah:(1) adanya peningkatkan hasil belajar IPS dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe inside-outside circle pada siswa kelas VIII D SMP Negeri 3 Depok yang dilakukan dengan cara mengarahkan setiap siswa membentuk kelompok lingkaran luar dan lingkaran dalam sehingga terbentuk pasangan, mengarahkan setiap pasangan untuk berbagi informasi dan berputar setiap dua menit, mengarahkan setiap kelompok untuk diskusi, serta mengarahkan setiap kelompok untuk persentasi; dan (2) peningkatan hasil belajar IPS siswa ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik. Perolehan hasil pada siklus I masih rendah, tindakan dilanjutkan siklus II. Pada siklus II ini, hasil belajar IPS siswa ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik mengalami peningkatan. Peningkatan dari siklus I ke siklus II sudah memenuhi kriteria keberhasilan tindakan yakni ≥75%, sehingga penelitian ini dikatakan berhasil. Kata kunci: Model pembelajaran kooperatif tipe inside-outside circle, hasil belajar, IPS.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan IPS
Depositing User: Admin Pendidikan IPS FIS
Date Deposited: 24 Mar 2016 00:58
Last Modified: 30 Jan 2019 06:59
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30451

Actions (login required)

View Item View Item