PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DIGITAL PERLAKUAN LOGAM PADA MATA PELAJARAN ILMU BAHAN DI SMK MUHAMMADIYAH PRAMBANAN

NUGRAHA INDRA, SAPUTRA (2011) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DIGITAL PERLAKUAN LOGAM PADA MATA PELAJARAN ILMU BAHAN DI SMK MUHAMMADIYAH PRAMBANAN. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text (Document)
DEVELOPING_DIGITAL_MEDIA_LEARNING_ON_METAL_MATERIALS_SCIENCE_COURSE_OF_SMK_MUHAMMADIYAH_PRAMBANAN.pdf

Download (134kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses perancangan media pembelajaran digital menggunakan Software Microsoft Office PowerPoint untuk mendukung pembelajaran pada mata pelajaran ilmu bahan di SMK Muhammadiyah Prambanan, serta mengetahui kelayakan dari media pembelajaran yang dibuat tersebut. Metode yangdigunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan penelitiandan pengembangan. Penelitian ini dilakukan di SMK Muhammadiyah Prambanan dengan melibatkan 28 orang siswa jurusan teknik pemesinan sebagai responden. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket atau kuesioner serta evaluasi pretest dan posttest. Data yang didapat merupakan data kuantitatif berupa skor dengan skala 5 (rentang 1 sampai 5). Teknik analisis data yang digunakan untuk mengolah data tersebut menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran yang dibuat. Hasil penelitian ini berupa media pembelajaran yang berbentuk CD pembelajaran. Proses perancangan media pembelajaran dilakukan beberapa tahap: (1) studi pendahuluan, meliputi proses survei lapangan, studi kepustakaan, dan penyusunan produk awal atau draft model; (2) pengembangan, meliputi uji coba terbatas dan uji coba lebih luas; (3) pengujian, meliputi pretest, perlakuan dan posttest. Hasil uji kelayakan yaitu: (1) evaluasi oleh ahli materi menghasilkan total rerata nilai sebesar 4,63 dengan kriteria sangat baik; (2) evaluasi oleh ahli media pembelajaran manghasilkan total rerata nilai sebesar 4,47 dengan kriteria sangat baik; (3) evaluasi pada uji coba terbatas menghasilkan total rerata nilai sebesar 4,34 dengan kriteria sangat baik; (4) evaluasi pada uji coba lebih luas menghasilkan total rerata nilai sebesar 4,18 dengan kriteria baik. Untuk mengukur pengaruh terhadap penerapan media pembelajaran digunakan evaluasi: (1) pretest menghasilkan total rerata nilai sebesar 6,02; (2) posttest menghasilkan total rerata nilai sebesar 8,14.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mesin
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 07 Aug 2012 03:36
Last Modified: 29 Jan 2019 15:26
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/3045

Actions (login required)

View Item View Item