Interactive Decision-Making pada Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Negeri se-Kotamadya Mataram tahun ajaran 2008/2009

Rahmat, Hery (2009) Interactive Decision-Making pada Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Negeri se-Kotamadya Mataram tahun ajaran 2008/2009. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-hery-rahmat-07706251009.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan (1) faktor-faktor pendorong, (2) bentuk-bentuk, dan (3) dampak Interactive Decision-Making terhadap Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang disusun guru terhadap keefektifan pembelajaran, serta (4) ciri-ciri kegiatan pembelajaran yang efektif. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan meotde etnografi. Subjek penelitian adalah 4 guru kelas VIII pada Madrasah Tsanawiyah Negeri se-Kotamadya Mataram. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi partisipasi, wawancara, catatan lapangan dan dokumentasi. Wawancara dilakukan dengan dua tahap yaitu wawancara dengan teknik stimulated recall yang dilakukan setelah pelajaran selesai dan wawancara refleksi. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi, catatan lapangan, dan pedoman wawancara. Teknik analisis data dilakukan dengan cara pengkodean, pengelompokan, deskripsi, dan penafsiran. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa: (1) Faktor pendorong dapat dikelompokkan menjadi dua yaitu faktor internal guru dan faktor eksternal guru. Faktor internal meliputi beberapa hal yaitu (a) keyakinan guru pada pembelajaran yang efektif, (b) keinginan dan harapan guru, serta (c) pengalaman kelas sebelumnya. Sedangkan faktor eksternal dapat disebabkan oleh (a) karakteristik materi yang diajarkan, (b) karakteristik siswa, (c) karakteristik kelas, dan (d) hambatan di luar pembelajaran. (2) Bentuk-bentuk Interactive Decision-Making yaitu (a) penambahan kegiatan pembelajaran, (b) pengabaian kegiatan pembelajaran, dan (c) penyesuaian kegiatan pembelajaran. (3) Interactive Decision-Making yang dilakukan oleh para guru menjadikan pembelajaran lebih efektif. (4) Ciri-ciri kegiatan pembelajaran yang efektif berupa (a) input yaitu dengan menggunakan pengalaman siswa yang relevan, (b) peran guru sebagai sumber informasi (resource) yaitu dengan membantu pemahaman siswa, (c) peran guru sebagai pengontrol (controller) yaitu dengan mengarahkan perhatian siswa, (d) peran guru sebagai organisator (organizer) yaitu dengan membantu aktivitas siswa, (e) peran guru sebagai fasilitator (facilitator) yaitu dengan menambah pengetahuan siswa, (f) peran guru sebagai motivator (motivator) yaitu dengan memotivasi siswa, dan (g) peran guru sebagai manajer (manager) yaitu dengan mengefisienkan waktu pembelajaran.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Interactive Decision-Making, bahasa Inggris
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Inggris
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Linguistik Terapan
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 23 Mar 2016 10:20
Last Modified: 06 Dec 2022 01:51
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30449

Actions (login required)

View Item View Item