PERBEDAAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE POE (PREDICT- OBSERVE-EXPLAIN) DAN TIPE GUIDED DISCOVERY DITINJAU DARI KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP

Pijayani, Yeni (2016) PERBEDAAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE POE (PREDICT- OBSERVE-EXPLAIN) DAN TIPE GUIDED DISCOVERY DITINJAU DARI KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP. S1 thesis, FMIPA.

[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (220kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (474kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (278kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (195kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui perbedaanmodelpembelajarandengantipe POE (Predict-Observe-Explain)danGuided Discoveryditinjaudari keterampilan berpikirkritissiswa serta (2) mengetahui manakah yang lebihefektifantarapembelajarantipe POE (Predict-Observe-Explain)denganGuided Discoveryditinjaudariketerampilanberpikirsiswa di SMP Negeri 4 Wates. Penelitian ini merupakan jenis penelitian quasy experiment dengan desain penelitian menggunakan Pretest-Posstest Comparison Group Design. Populasi penelitian ini adalah kelas VIII SMP N 4 Wates sedangkan sampelnya terdiri dari dua kelas yakni kelas VIII C sebagai kelas eksperimen 1 mengunakan model POE dan kelas VIII E sebagai kelas eksperimen 2 menggunakan model pembelajaran Guided Discovery. Teknik sampling yang digunakan ialah cluster random sampling. Data yang digunakan adalah data pengamatan keterampilan berpikir kritis dan hasil posttest. Data keterampilan berpikir kritis diperoleh melalui lembar observasi. Hasil posttest dianalisis menggunakan Independent Sample t-Test. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan keterampilan berpikir kritis antara model pembelajaran POE dan model pembelajaran Guided Discovery yang ditunjukkan dengan nilai significancy two-tailed sebesar 0,003 < 0,05. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran tipe Guided Discovery lebih baik digunakan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis baik dilihat dari nilai meanposttest maupun presentase ketercapaian keterampilan berpikir kritis melalui observasi. Kata Kunci: keterampilan berpikir kritis, model pembelajaran POE, model pembelajaran Guided Discovery.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan IPA
Depositing User: Admin Pendidikan IPA FMIPA
Date Deposited: 24 Mar 2016 03:50
Last Modified: 30 Jan 2019 06:59
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30441

Actions (login required)

View Item View Item