Penerapan Metode Numbered Heads Together Dalam Upaya Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS Kelas VII F SMPN 1 Candiroto Temanggung

Hapsari, Lira Kusuma (2016) Penerapan Metode Numbered Heads Together Dalam Upaya Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS Kelas VII F SMPN 1 Candiroto Temanggung. S1 thesis, FIS.

[img] Other (Skripsi Digital)
Skripsi Full 12416241007.swf - Published Version

Download (16MB)
Official URL: http://library.fis.uny.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) upaya meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPS siswa kelas VII F SMPN 1 Candiroto Temanggung menggunakan metode Numbered Heads Together, (2) peningkatan motivasi dan hasil belajar IPS siswa kelas VII F SMPN 1 Candiroto Temanggung menggunakan metode Numbered Heads Together. Jenis penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas) model Kemmis dan Taggart yang langkahnya terdiri dari perencanaan, pelaksanaan dan pengamatan, refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, angket, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII F SMPN 1 Candiroto Temanggung dengan jumlah 33 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) upaya meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPS menggunakan metode Numbered Heads Together dilaksanakan melalui langkah-langkah sebagai berikut: guru membagi siswa dalam kelompok secara heterogen, guru membagi pertanyaan dalam bentuk kartu, siswa dipersilahkan diskusi, guru memanggil nomor kepala secara acak untuk mempresentasikan hasil diskusi, kesimpulan. Langkah-langkah ini sama seperti metode Numbered Heads Together, ada penyesuaian/modifikasi dalam membagi kelompok yang dilakukan secara heterogen. Hal tersebut dimaksudkan agar siswa yang pandai dapat membimbing siswa yang kurang pandai, pertanyaan diberikan dalam bentuk kartu agar mempermudah siswa untuk memahaminya, dan memantau kemampuan kognitif siswa dengan memberikan tes, (2) penggunaan metode Numbered Heads Together dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar. Hal tersebut dapat dibuktikan dari hasil observasi, wawancara dan angket yang menunjukkan peningkatan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran IPS yang berdampak pada peningkatan hasil belajar IPS. Peningkatan motivasi dapat dilihat dari rata-rata persentase motivasi siswa pada siklus I sebesar 67,30% menjadi 76,85% pada siklus II. Hasil belajar mengalami peningkatan dari siklus I 73,68 menjadi 78,94 pada siklus II. Peningkatan sudah memenuhi kriteria keberhasilan tindakan yaitu ≥ 75, sehingga penelitian ini dikatakan berhasil. Kata kunci: Numbered Heads Together, Motivasi belajar, dan Hasil belajar IPS.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Depositing User: Admin Pendidikan IPS FIS
Date Deposited: 23 Mar 2016 00:55
Last Modified: 23 Mar 2016 00:55
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30436

Actions (login required)

View Item View Item