Pengembangan Film Animasi Sub-Tema Pengertian Dan Jenis Lembaga Sosial Untuk Mata Pelajaran IPS SMP Kelas VII

Adi, Cahyo Harjuna (2016) Pengembangan Film Animasi Sub-Tema Pengertian Dan Jenis Lembaga Sosial Untuk Mata Pelajaran IPS SMP Kelas VII. S1 thesis, FIS.

[img] Other (Skripsi Digital)
Skripsi Full 11416241022.swf - Published Version

Download (5MB)
Official URL: http://library.fis.uny.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengembangkan film animasi sub-tema pengertian dan jenis lembaga sosial untuk mata pelajaran IPS SMP Kelas VII; dan 2) menguji kelayakan film animasi berdasarkan penilaian ahli materi, ahli media, guru IPS dan tanggapan siswa SMP. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) dan mengacu model pengembangan dari Sugiyono. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII SMP Negeri 3 Kalasan. Validasi isi/materi dan komponen pembelajaran dilakukan oleh ahli materi; validasi tampilan & audio serta kualitas animasi dilakukan oleh ahli media; penilaian aspek pembelajaran & kebahasaan, aspek isi/materi, aspek tampilan & audio dilakukan oleh guru IPS; dan penilaian kualitas tampilan dan penyajian sumber belajar dilakukan oleh siswa. Teknik pengumpulan data berupa angket menggunakan lembar validasi untuk ahli media dan ahli materi, serta lembar penilaian untuk guru IPS dan siswa. Analisis data menggunakan teknik kuantitatif deskriptif. Hasil penelitian dan pengembangan ini adalah: 1) Film animasi sub-tema pengertian dan jenis lembaga sosial untuk mata pelajaran IPS SMP Kelas VII. Proses yang dilakukan untuk mengembangkan film animasi yaitu menentukan materi, membuat skenario, membuat storyboard, menentukan pengisi suara, menyusun semua bagian hingga menjadi film animasi, dan didokumentasikan dalam format MP4; dan 2) Tahap evaluasi film animasi melalui validasi ahli media, ahli materi, guru IPS, dan uji coba kepada siswa. Berdasarkan analisis kelayakan media, dapat dinyatakan bahwa seluruh aspek penilaian baik dari ahli materi, ahli media, guru IPS maupun siswa, semua berkisar pada rerata antara 3,92 – 4,5 dengan kategori baik – sangat baik, sehingga film animasi sub-tema pengertian dan jenis lembaga sosial yang telah dikembangkan dinyatakan layak secara materi dan media untuk pembelajaran IPS SMP Kelas VII. Kata Kunci: Film Animasi, Lembaga Sosial, IPS

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Depositing User: Admin Pendidikan IPS FIS
Date Deposited: 23 Mar 2016 00:46
Last Modified: 23 Mar 2016 00:46
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30435

Actions (login required)

View Item View Item