ANALISIS PERBANDINGAN KINERJA KEUANGAN PERBANKAN ASEAN (STUDI PADA BANK UMUM INDONESIA, THAILAND DAN FILIPINA TAHUN 2011-2014)

WAHYUNI, ANGGUN (2016) ANALISIS PERBANDINGAN KINERJA KEUANGAN PERBANKAN ASEAN (STUDI PADA BANK UMUM INDONESIA, THAILAND DAN FILIPINA TAHUN 2011-2014). S1 thesis, Fakultas Ekonomi UNY.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI _ANGGUN WAHYUNI_12812141006.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan kinerja keuangan antara industri perbankan Indonesia dengan negara ASEAN lainnya (Thailand dan Filipina) menggunakan indikator RGEC. Penelitian ini merupakan penelitian komparatif. Masing-masing indikator terdiri dari Risk Profile menggunakan Non Perfoming Loan (NPL) yang mewakili risiko kredit dan Loan To Deposit Ratio (LDR) yang mewakili risiko likuiditas. Indikator Earning atau pendapatan menggunakan rasio Return on Asset (ROA) dan Net Interest Margin (NIM), sedangkan indikator Capital atau modal menggunakan rasio Capital Adequacy Ratio (CAR). Pemilihan sampel menggunakan metode judment sampling. Seluruh sampel terdiri dari 3 bank di Indonesia, 3 bank di Thailand dan 3 bank di Filipina. Total sampel sebanyak 36 data termasuk didalamnya adalah sampel dengan periode 4 tahun (2011, 2012, 2013 dan 2014). Model statistik yang digunakan untuk menguji hipotesis menggunakan uji parametrik one-way ANOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa seluruh indikator rasio keuangan perbankan Indonesia adalah signifikan berbeda dengan kinerja keuangan perbankan kedua negara ASEAN, kecuali rasio CAR. Rata-rata rasio keuangan perbankan Indonesia lebih baik dibandingkan dengan rata-rata tiga negara ASEAN lainnya pada rasio NPL, ROA, NIM dan CAR sedangkan rasio LDR menunjukkan lebih baik rata-rata negara ASEAN lainnya.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kinerja Keuangan Perbankan, ASEAN, RGEC, NPL, LDR, ROA, NIM, CAR
Subjects: Umum > Penelitian
Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 22 Mar 2016 02:31
Last Modified: 30 Jan 2019 06:59
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30425

Actions (login required)

View Item View Item