EVALUASI EFEKTIVITAS PENGGUNAAN DANA BANTUAN OPERASIONAL SEKOLAH (BOS) SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI BIDANG KEAHLIAN BISNIS DAN MANAJEMEN DI KABUPATEN SLEMAN TAHUN 2014

NUR JANNAH, KAIFAN (2016) EVALUASI EFEKTIVITAS PENGGUNAAN DANA BANTUAN OPERASIONAL SEKOLAH (BOS) SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI BIDANG KEAHLIAN BISNIS DAN MANAJEMEN DI KABUPATEN SLEMAN TAHUN 2014. S1 thesis, Fakultas Ekonomi UNY.

[img]
Preview
Text
12803241036-KAIFAN NUR JANNAH-SKRIPSI.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Sekolah Menengah Kejuruan Negeri Bidang Keahlian Bisnis dan Manajemen di Kabupaten Sleman Tahun 2014. Efektivitas penggunaan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) ditinjau dari komponen konteks, input, proses, dan hasil. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh warga SMK Negeri Bidang Keahlian Bisnis dan Manajemen di Kabupaten Sleman. Sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 125 responden. Penelitian ini termasuk dalam penelitian evaluatif kuantitatif dengan menggunakan model CIPP Stufflebeam. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner, wawancara, dokumentasi, serta observasi. Data dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif kuantitatif Z score kemudian ditransformasikan ke dalam T score selanjutnya diverifikasi ke dalam prototype kuadran Glickman. Hasil analisis data diperoleh prototype variabel konteks, input, proses, dan produk dengan posisi CIPP ( + + - + ) pada kategori cukup efektif. Meskipun tergolong dalam kategori cukup efektif, namun terdapat kendala-kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan program BOS baik dari variabel konteks, input, proses, maupun hasil. Untuk itu disarankan: (1) peningkatan pemahaman mengenai kebijakan terkait kebijakan program BOS, tujuan program BOS; (2) peningkatan kualitas sumber daya manusia, sosialisasi/pelatihan, organisasi/manajemen, dan dana operasional; (3) perencanaan program secara matang, penyaluran dana tepat waktu, pemanfaatan dana pada kebutuhan riil, monitoring dan evaluasi yang berkala dan objektif; (4) program peningkatan prestasi akademik dan non akademik bagi siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Model CIPP, Dana Bantuan Operasional Sekolah.
Subjects: Umum > Penelitian
Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 22 Mar 2016 00:54
Last Modified: 30 Jan 2019 06:59
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30422

Actions (login required)

View Item View Item