PENDIDIKAN KEJURUAN DAN VOKASI BERBASIS TRI HITA KARANA

Putu, Sudira PENDIDIKAN KEJURUAN DAN VOKASI BERBASIS TRI HITA KARANA. In: Konggres Pendidikan Pengajaran dan Kebudayaan, 8 Mei 2012, Gadjah Mada University Yogyakarta Indonesia.

[img]
Preview
Text
08-PROSEDING-KONGGRES-DIK-BUD-PUTU-S.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Peningkatan kualitas dan relevansi pendidikan kejuruan dan vokasi di Indonesia memerlukan konsep baru sebagai pendidikan berkearifan lokal yang mampu memproduksi kebudayaan, melakukan proses inkulturasi dan akulturasi memperadabkan generasi baru anak bangsa menjadi manusia yang bahagia, sehat jasmani, tenang rohani, dan profesional. Pengembangan pendidikan kejuruan dan vokasi membutuhkan strategi holistik berjangka panjang yang mengadopsi, mengadaptasi, membumikan budaya dan kearifan-kearifan lokal dengan tetap terbuka terhadap budaya nusantra dan perubahan budaya asing. Ideologi Tri Hita Karana (THK) yang lahir dari kosep “cucupu lan manik” atau konsep keharmonisan antara isi dan wadah sangat tepat digunakan sebagai basis pengembangan pendidikan teknologi dan kejuruan. THK mengajarkan adanya keharmonisan antara manusia dengan Tuhan, antarsesama manusia, manusia dengan lingkungan hidupnya. THK menganut prinsip-prinsip interaksi yang holistik antara individu manusia dan masyarakat dengan Tuhan dan alam secara berkebudayaan sebagai proses pendidikan yang berlangsung di sekolah, di keluarga, dan di masyarakat. Kata kunci: holistik, ideologi, pendidikan, teknologi, Tri Hita Karana, vokasi

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektronika
Depositing User: Dr. Putu Sudira
Date Deposited: 11 May 2016 06:32
Last Modified: 11 May 2016 06:32
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30415

Actions (login required)

View Item View Item