PENDIDIKAN TEKNOLOGI DAN KEJURUAN BERBASIS INDIGENOUS WISDOM TRI HITA KARANA

Putu, Sudira (2013) PENDIDIKAN TEKNOLOGI DAN KEJURUAN BERBASIS INDIGENOUS WISDOM TRI HITA KARANA. In: Seminar Nasional Hasil Penelitian dan Gelar Produk, 4 Mey 2013, Yogyakarta State University.

[img]
Preview
Text
07-PROSEDING-SEM-NAS-LPPM-UNY.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mengidentifikasi nilai-nilai kearifan lokal ideologi Tri Hita Karana (THK) yang dapat diterapkan untuk meningkatkan penguatan nilai nilai kebangsaan dan budi pekerti bangsa dalam pengembangan potensi dan daya saing sumber daya insani (SDI) melalui Pendidikan Teknologi dan Kejuruan (PTK. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif ethnografi dengan desain pemaknaan secara menyeluruh dan mendalam dari berbagai artefact, tindakan dan kegiatan sosial budaya dan pendidikan masyarakat Bali dalam kaitannya dengan pengembagan pendidikan kejuruan di SMK. Analisis data menggunakan model Interaktif dari Miles dan Huberman. Peningkatan kualitas dan relevansi pendidikan teknologi dan kejuruan (PTK) di Indonesia memerlukan konsep baru sebagai pendidikan berkearifan lokal (indigenous wisdom) yang mampu memproduksi kebudayaan, melakukan proses inkulturasi dan akulturasi memperadabkan generasi baru anak bangsa Indonesia menjadi manusia yang bahagia, sehat jasmani, tenang rohani, dan profesional. Pengembangan pendidikan teknologi dan kejuruan membutuhkan strategi holistik berjangka panjang yang mengadopsi, mengadaptasi, membumikan budaya dan kearifan-kearifan lokal budaya nusantra yang mampu menyeleksi infiltrasi budaya asing. Ideologi Tri Hita Karana (THK) yang lahir dari kosep “cucupu lan manik” atau konsep keharmonisan antara isi dan wadah sangat tepat digunakan sebagai basis pengembangan pendidikan teknologi dan kejuruan. THK mengajarkan adanya keharmonisan antara manusia dengan Tuhan, antar sesama manusia, dan keharmonisan manusia dengan lingkungan hidupnya. THK menganut prinsip-prinsip interaksi yang holistik antara individu manusia dan masyarakat dengan Tuhan dan alam secara berkebudayaan sebagai proses pendidikan yang berlangsung di sekolah, di keluarga, dan di masyarakat. Kata kunci: Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, Tri Hita Karana

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, Tri Hita Karana
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektronika
Depositing User: Dr. Putu Sudira
Date Deposited: 11 May 2016 06:32
Last Modified: 11 May 2016 06:32
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30414

Actions (login required)

View Item View Item