Pola Pendidikan Cerdas Kreatif Berkarakter: Praksis di Rumah Kreatif Wadas Kelir Purwokerto, Jawa Tengah.

Sumiarti, Sumiarti (2016) Pola Pendidikan Cerdas Kreatif Berkarakter: Praksis di Rumah Kreatif Wadas Kelir Purwokerto, Jawa Tengah. S3 thesis, UNY.

[img] Text
disertasi-sumiarti-08703261018.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkapkan: (a) filosofi dan konsep pendidikan cerdas, kreatif, berkarakter; (b) praktik pendidikan cerdas, kreatif berkarakter, dan (c) pola praksis pendidikan cerdas, kreatif, berkarakter di Rumah Kreatif Wadas Kelir (RKWK) Purwokerto. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif fenomenologis. Subjek penelitian ini terdiri dari pendiri dan konseptor RKWK, para pendidik/relawan, dan anak didik RKWK. Data penelitian dikumpulkan dengan teknik in-depth interview, observasi partisipan dan menggunakan analisis dokumen. Data penelitian dianalisis dengan cara menyusun dan mengorganisasikannya secara sistematis ke dalam kategori, menjabarkan ke dalam unit-unit, melakukan sintesis, menyusun ke dalam pola, memilih mana yang penting dan akan dipelajari, dan membuat kesimpulan sehingga mudah dipahami. Temuan penelitian ini adalah sebagai beikut. Pertama, filosofi dan konsep pendidikan cerdas, kreatif berkarakter RKWK Purwokerto yang terdiri dari: (1) tujuan pendidikan: cerdas, kreatif dan berkarakter; (2) kurikulum, materi dan strategi pembelajaran; (3) konsep tentang pendidik; (4) konsep tentang anak didik; dan (5) evaluasi pendidikan. Kedua, praktik pendidikan RKWK dilaksanakan berdasarkan rumusan konsep yang dipraktikkan dalam kegiatan pembelajaran bermain aneka kreativitas, yaitu: (a) bermain kreativitas angka/logika; (b) bermain kreativitas bahasa; (c) bermain kreativitas warna; (d) bermain kreativitas gerak, dan (e) bermain kreativitas musik. Praktik pendidikan tersebut dilaksanakan dalam kegiatan pembelajaran yang bersifat rutin/harian, mingguan, bulanan, tahunan dan insidental yang dilaksanakan di dalam kelas maupun di luar kelas. Konsep dan praktik pendidikan terintegrasi antara pengembangan kecerdasan, pengembangan kreativitas, dan pembentukan karakter anak didik. Ketiga, pola praksis pendidikan yang dikonstruk berdasarkan praksis di RKWK adalah Pola Praksis Pendidikan Kreatif-Integratif, yaitu pola pendidikan yang mengintegrasikan aspek cerdas, kreatif, dan berkarakter. Pola tersebut bersifat dialektis, yaitu dialektika antara konsep dan praktik yang mengarah pada perbaikan dan peningkatan kualitas pendidikan untuk pengembangan kecerdasan, kreativitas, dan pembentukan karakter.

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: praksis pendidikan, filosofi dan konsep pendidikan, praktik pendidikan, integrasi cerdas, kreatif dan berkarakter
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 21 Mar 2016 07:03
Last Modified: 28 May 2021 06:56
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30406

Actions (login required)

View Item View Item