Model Asesmen Pembelajaran Vokasional pada E-learning

Refdinal, Refdinal (2016) Model Asesmen Pembelajaran Vokasional pada E-learning. S3 thesis, UNY.

[img] Text
disertasi-refdinal-10702269001.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan model asesmen pembelajaran vokasional pada e-learning di Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang, dan (2) mengevaluasi hasil implementasi model untuk dapat dijadikan acuan bagi mata kuliah-mata kuliah vokasional lain khususnya di Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan yang mengadaptasi prosedur Gall & Borg yang disederhanakan menjadi lima tahap yaitu: (1) identifikasi masalah dan analisis kebutuhan; (2) penyusunan model konseptual; (3) validasi ahli dan verifikasi; (4) uji coba dan revisi; dan (5) implementasi produk akhir. Validasi model asesmen pembelajaran vokasional pada e-learning ini dilakukan melalui expert judgment oleh para ahli dari masing-masing bidang, sedangkan instrumen penelitian divalidasi oleh guru besar dari Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta. Validitas, efektivitas, dan praktikabilitas model dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) model asesmen pembelajaran vokasional pada e-learning yang dikembangkan ternyata dapat memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif; (2) karena sudah memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif maka model asesmen pembelajaran vokasional pada e-learning ini layak untuk digunakan.

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: model asesmen, pembelajaran vokasional, e-learning
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 21 Mar 2016 06:57
Last Modified: 24 Aug 2022 07:43
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30405

Actions (login required)

View Item View Item