PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MENULIS PANTUN DAN DONGENG PADA SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 2 SLEMAN

Nurul Hidayah, Rista (2016) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MENULIS PANTUN DAN DONGENG PADA SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 2 SLEMAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_RISTA NURUL HIDAYAH_11201241028_PBSI_FBS_UNY_MARET 2016.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran keterampilan menulis pantun dan menulis dongeng di kelas VII SMP Negeri 2 Sleman. Penelitian ini mencakup komponen pembelajaran yakni 1) tujuan pembelajaran, 2) materi pembelajaran, 3) metode pembelajaran, 4) langkah- langkah pembelajaran, 5) sumber belajar dan media pembelajaran, 6) dan penilaian pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru yang mengajar mata pelajaran bahasa Indonesia dan siswa di kelas VIID, VIIE, dan VIIF SMP Negeri 2 Sleman. Objek penelitian difokuskan pada pelaksanaan pembelajaran keterampilan menulis pantun dan menulis dongeng. Data diperoleh dengan teknik observasi partisipatif, wawancara, catatan lapangan, dan analisis dokumen. Teknik analisis data meliputi tahapan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Keabsahan data diperoleh melalui ketekunan dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Tujuan pembelajaran pada kompetensi dasar (KD) 8.1 dan kompetensi dasar (KD) 8.2 secara keseluruhan sudah terimplementasikan dengan baik dalam proses pembelajaran, (2) Materi pembelajaran pada kompetensi dasar (KD) 8.1 dan kompetensi dasar (KD) 8.2 secara keseluruhan mampu dikuasai oleh guru dan guru mampu menyampaikan materi dengan baik, (3) Metode pembelajaran pada kompetensi dasar (KD) 8.1 dan kompetensi dasar (KD) 8.2 secara keseluruhan guru di dalam kelas cenderung menerapkan metode ceramah, sementara melalui wawancara dan analisis dokumen, guru menggunakan metode tanya jawab, metode diskusi, metode penugasan, dan metode prensentasi, (4) Langkah-langkah pembelajaran pada kompetensi dasar (KD) 8.1 dan kompetensi dasar (KD) 8.2 sudah dilaksanakan guru pada saat proses pelaksanaan pembelajaran di kelas sesuai dengan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) yang telah dirancang, (5) Sumber belajar pada kompetensi dasar (KD) 8.1 dan kompetensi dasar (KD) 8.2 guru menggunakan buku paket (karangan Barokah, dkk dan Nurhadi, dkk) dan contoh pantun maupun contoh dongeng. Media pembelajaran sudah dimanfaatkan oleh guru dengan baik, meskipun hanya berupa media visual berupa slide dalam bentuk microsoft word dan power point dengan memanfaatkan layar LCD. Media pembelajaran yang digunakan guru dalam proses pembelajaran tidak terdapat dalam rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), (6) Penilaian pembelajaran pada kompetensi dasar (KD) 8.1 dan kompetensi dasar (KD) 8.2 secara tertulis pada saat penugasan menulis pantun dan menulis dongeng.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 22 Mar 2016 06:58
Last Modified: 30 Jan 2019 06:59
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30402

Actions (login required)

View Item View Item