Hermawati, Rita (2016) Determinan Kinerja Guru Produktif Program Keahlian Busana Butik di SMK DIY. S2 thesis, UNY.
Text
tesis-rita-hermawati-13702251067.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan pendapat siswa tentang kompetensi teacherpreurship, motivasi, disiplin kerja dan pemanfaatan TIK oleh guru produktif program keahlian busana butik di SMK DIY; (2) Mengetahui pendapat siswa bahwa kompetensi teacherpreneurship, motivasi, disiplin kerja dan pemanfaatan TIK berpengaruh terhadap kinerja guru produktif program keahlian busana butik di SMK DIY; dan (3) Mengetahui seberapa besar kontribusi kompetensi teacherpreneurship, motivasi, disiplin kerja dan pemanfaatan TIK terhadap kinerja guru produktif program keahlian busana butik di SMK DIY. Populasi penelitian ini adalah siswa SMK negeri kelompok Seni Kerajinan dan Pariwisata yang berjumlah 358 siswa dari 4 SMK di DIY yang terdiri atas SMKN 4 Yogyakarta, SMKN 1 Sewon, SMKN 1 Saptosari Gunungkidul dan SMKN 1 Pengasih Kulonprogo. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan expost facto. Teknik sampling yang digunakan adalah proportional random sampling dengan jumlah 161 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif dan inferensial yang meliputi analisis korelasi dan analisis multiple regresi. Hasil analisis dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) ditemukan kondisi kompetensi teacherpreneurship guru produktif Busana Butik berada dalam kategori tinggi (59%), kondisi motivasi berada dalam kategori tinggi (76%), kondisi disiplin kerja berada dalam kategori sangat tinggi (59%), kondisi pemanfaatan TIK berada dalam kategori tinggi (84%), dan kondisi kinerja guru berada dalam kategori sangat tinggi (55%); (2) Berdasarkan analisis ditemukan bahwa terdapat pengaruh kompetensi teacherpreneurship terhadap kinerja guru dengan nilai r = 0,289 (R2 = 0,084) pada taraf signifikansi 0,000, terdapat pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja guru dengan nilai r = 0,240 (R2 = 0,058), terdapat pengaruh disiplin kerja terhadap kinerja guru dengan nilai r = 0,234 (R2 = 0,055), dan terdapat pengaruh pemanfaatan TIK terhadap kinerja guru dengan nilai r = 0,187 (R2 = 0,035); dan (3) Berdasarkan perhitungan analisis diperoleh besarnya kontribusi pengaruh kompetensi teacherpreneurship adalah 0,084, besarnya kontribusi pengaruh motivasi terhadap kinerja guru sebesar 0,058, besarnya kontribusi pengaruh disiplin kerja terhadap kinerja guru sebesar 0,055, besarnya kontribusi pengaruh pemanfaatan TIK terhadap kinerja guru sebesar 0,035, dan besarnya kontribusi pengaruh kompetensi teacherpreneurship, motivasi, disiplin kerja dan pemanfaatan TIK terhadap kinerja guru secara bersama – sama sebesar 23,2%
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kompetensi teacherpreneurship, motivasi, disiplin kerja dan pemanfaatan TIK |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Kejuruan |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan |
Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
Date Deposited: | 21 Mar 2016 06:19 |
Last Modified: | 22 Aug 2022 08:25 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30400 |
Actions (login required)
View Item |