Apresiasi Kerja Ditinjau dari Motivasi Belajar, Keterampilan Soft Skills, Sarana Prasarana, dan Praktik Kerja Industri pada Siswa SMK Paket Keahlian Multimedia di Surakarta Tahun 2015/2016

Rahman, Ahmada Auliya (2016) Apresiasi Kerja Ditinjau dari Motivasi Belajar, Keterampilan Soft Skills, Sarana Prasarana, dan Praktik Kerja Industri pada Siswa SMK Paket Keahlian Multimedia di Surakarta Tahun 2015/2016. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-ahmada-auliya-rahman-13702251055.swf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap: (1) pengaruh motivasi belajar terhadap apresiasi kerja siswa SMK; (2) pengaruh keterampilan soft skills terhadap apresiasi kerja siswa SMK; (3) pengaruh sarana prasarana terhadap apresiasi kerja siswa SMK; (4) pengaruh pengalaman praktik kerja industri terhadap apresiasi kerja siswa SMK; dan (5) pengaruh motivasi belajar, keterampilan soft skills, sarana prasarana, dan pengalaman praktik kerja industri secara simultan terhadap apresiasi kerja siswa SMK. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto, yang dilaksanakan di seluruh SMK dengan Paket Keahlian Multimedia di Surakarta. Populasi penelitian ini adalah siswa SMK Kelas XII Paket Keahlian Multimedia di Kota Surakarta Tahun Ajaran 2015/2016 yang berjumlah 461 siswa dari enam SMK di Surakarta. Sampel penelitian berjumlah 198 siswa yang diambil dari setiap sekolah dengan teknik proportionate random sampling. Data diperoleh dengan angket yang telah memenuhi persyaratan validitas dan reliabilitas. Validitas instrumen diketahui berdasarkan penilaian pakar dan analisis butir berdasarkan data empirik. Reliabilitas diketahui dengan cara menghitung koefisien alfa () Cronbach. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, korelasi product moment, korelasi ganda, regresi sederhana, dan analisis regresi ganda dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) motivasi belajar berpengaruh terhadap apresiasi kerja siswa sebesar 22,7% dengan koefisien korelasi product moment (rX1Y) = 0,476; (2) keterampilan soft skills berpengaruh terhadap apresiasi kerja siswa sebesar 33,1% dengan koefisien korelasi product moment (rX2Y) = 0,575; (3) sarana prasarana tidak berpengaruh terhadap apresiasi kerja siswa; (4) pengalaman praktik kerja industri berpengaruh terhadap apresiasi kerja siswa sebesar 24,4% dengan koefisien korelasi product moment (rX4Y) = 0,494; (5) motivasi belajar, keterampilan soft skills, dan pengalaman praktik kerja industri secara simultan berpengaruh terhadap apresiasi kerja siswa sebesar 44% dengan koefisien korelasi ganda (RX1X2X4Y) = 0,664.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: apresiasi kerja siswa SMK Multimedia, motivasi belajar, keterampilan soft skills, sarana prasarana, pengalaman praktik kerja industri
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 21 Mar 2016 02:31
Last Modified: 09 May 2019 07:10
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30397

Actions (login required)

View Item View Item