: Perbandingan Keefektifan Model Pembelajaran Resolusi Konflik dan Model Brain-Based Learning dalam Pendekatan Saintifik Ditinjau dari Rasa Percaya Diri, Kemampuan Berpikir Kritis, dan Prestasi Belajar Siswa Kelas XI Peminatan IPA pada Materi Turunan Fungsi

Mardiana, Mardiana (2016) : Perbandingan Keefektifan Model Pembelajaran Resolusi Konflik dan Model Brain-Based Learning dalam Pendekatan Saintifik Ditinjau dari Rasa Percaya Diri, Kemampuan Berpikir Kritis, dan Prestasi Belajar Siswa Kelas XI Peminatan IPA pada Materi Turunan Fungsi. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-mardiana-13709251019.pdf
Restricted to Registered users only

Download (20MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perbandingan keefektifan model pembelajaran resolusi konflik dalam pendekatan saintifik dan model brain-based learning dalam pendekatan saintifik ditinjau dari rasa percaya diri, kemampuan berpikir kritis, dan prestasi belajar siswa SMA kelas XI peminatan IPA pada materi turunan fungsi. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan subjek penelitian siswa kelas XI peminatan IPA SMA Negeri 2 Sleman semester ganjil tahun pelajaran 2015/2016. Pengumpulan data menggunakan tes untuk kemampuan berpikir kritis dan prestasi belajar, serta angket untuk mengukur rasa percaya diri siswa. Instrumen pengumpulan data adalah instrumen tes kemampuan awal, angket rasa percaya diri siswa, dan tes penguasaan materi turunan fungsi (posttest). Instrumen penelitian telah dikatakan valid dan reliabel. Kriteria keefektifan untuk kemampuan berpikir kritis dan prestasi belajar siswa sesuai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) SMA Negeri 2 Sleman 7,5 dengan rentang skala 1-10. Sikap percaya diri dikatakan efektif jika skor rata-rata memperoleh kriteria baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) model pembelajaran resolusi konflik dalam pendekatan saintifik efektif digunakan ditinjau dari rasa percaya diri, kemampuan berpikir kritis, dan prestasi belajar siswa; 2) model brain-based learning dalam pendekatan saintifik efektif ditinjau dari rasa percaya diri, kemampuan berpikir kritis, dan prestasi belajar siswa; 3) terdapat perbedaan keefektifan model pembelajaran pembelajaran resolusi konflik dan brain-based learning dalam pendekatan saintifik ditinjau dari rasa percaya diri, kemampuan berpikir kritis, dan prestasi belajar siswa, dengan model pembelajaran resolusi konflik dalam pendekatan saintifik lebih efektif daripada model brain-based learning dalam pendekatan saintifik ditinjau kemampuan berpikir kritis dan prestasi belajar siswa

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran resolusi konflik dalam pendekatan saintifik, model brain-based learning dalam pendekatan saintifi, rasa percaya diri, kemampuan berpikir kritis, prestasi belajar siswa
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 21 Mar 2016 02:31
Last Modified: 28 Jun 2022 04:14
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30396

Actions (login required)

View Item View Item