Pengembangan Multimedia Pembelajaran Untuk Mata Pelajaran Praktik Individu Instrumen Pokok Dasar Siswa SMK Bidang Keahlian Karawitan

Admadja, Ismalik Perwira (2016) Pengembangan Multimedia Pembelajaran Untuk Mata Pelajaran Praktik Individu Instrumen Pokok Dasar Siswa SMK Bidang Keahlian Karawitan. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-ismalik-perwira-admadja-13702251014.swf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) menghasilkan multimedia pembelajaran pada mata pelajaran Praktik Individu Instrumen Pokok Dasar, (2) mengetahui kelayakan multimedia pembelajaran pada mata pelajaran Praktik Individu Instrumen Pokok Dasar, dan (3) mengetahui peningkatan hasil belajar siswa menggunakan multimedia pembelajaran pada mata pelajaran Praktik Individu Instrumen Pokok Dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian pengembangan (research and development), dengan desain model pengembangan Stephen M. Alessi dan Stanley R. Trollip. Langkah-langkah pengembangannya adalah sebagai berikut. (1) perencanaan, (2) desain, dan (3) pengembangan. Proses perencanaanya itu mendefinisikan bidang/ruang lingkup batasan, mengidentifikasi karakteristik siswa, membuat dokumen perencanaan, menentukan dan mengumpulkan sumber-sumber, dan melakukan brainstorming. Proses desainya itu mengembangakan isi gagasan utama, melakukan analisis konsep materi, membuat flowchart dan Storyboard. Proses pengembanganya itu menyiapkan teks, menggabungkan bagian-bagian dan memadukan berbagai bahan yang telah terkumpul, membuat program, melakukan uji alpha, melakukan revisi pertama, melakukan uji beta, melakukan revisi akhir, dan melakukan evaluasi sumatif. Subjek uji coba yaitu siswa kelas X SMK N 1 Kasihan Bantul yang terdiri dari: 3 siswa uji beta, dan 22 siswa uji coba produk. Data penelitian dikumpulkan melalui kuesioner untuk kedua ahli dan siswa. Teknik analisis data untuk uji coba produk menggunakan acuan konversi skor kenilai pada skala 5 dari Sukardjo. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) ditinjau dari aspek media (skor 4.27) dinilai “Sangat Baik” oleh ahli media, (2) ditinjau dari aspek materi (skor 4.47) dinilai “Sangat Baik” oleh ahli materi, (3) ditinjau dari aspek kemudahan produk untuk dioperasikan, kemudahan produk untuk dipelajari isinya, dan kemenarikan tampilan dinilai “Sangat Baik” oleh siswa dengan rerata penilaian keseluruhan hasil skor 4.23 sehingga layak untuk digunakan. Hasil uji coba untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan melihat perbandingan gain pretest/posttest dari subjek uji coba produk kelas ekeperimen X K1 dan kelas kontrol X K3 menunjukkan kenaikan rerata siswa kelas eksperimen sebesar 31.53 lebih besar dibandingkan dengan kelas kontrol yang kenaikannya hanya sebesar 20.11, maka dapat diambil kesimpulan bahwa ada peningkatan hasil belajar dengan menggunakan multimedia pembelajaran.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pengembangan, pembelajaran, multimedia pembelajaran, kelayakan
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Pasca Sarjana: Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Perpustakaan Program Pascasarjana UNY
Date Deposited: 21 Mar 2016 02:31
Last Modified: 21 Mar 2016 02:31
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30394

Actions (login required)

View Item View Item