METODE DAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MATA PELAJARAN PPKN DALAM MENUMBUHKAN NASIONALISME SISWA SMA NEGERI 2 BANTUL YOGYAKARTA

Setiawan, Dwi Astuti (2016) METODE DAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MATA PELAJARAN PPKN DALAM MENUMBUHKAN NASIONALISME SISWA SMA NEGERI 2 BANTUL YOGYAKARTA. S1 thesis, FIS.

[img] Other (Skripsi Digital)
2. Skripsi Full 11401241024.swf - Published Version

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini memiliki bertujuan untuk mengetahui: (1) Pelaksanaan Metode dan Media pembelajaran interaktif mata pelajaran PPKn yang dikembangkan dalam menumbuhkan nasionalisme siswa SMA Negeri 2 Bantul (2) Kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan metode dan media pembelajaran interaktif mata pelajaran PPKn untuk menumbuhkan nasionalisme siswa SMA Negeri 2 Bantul (3) Upaya yang dilakukan untuk mengatasi kendala pelaksanaan metode dan media pembelajaran interaktif mata pelajaran PPKn dalam menumbuhkan nasionalisme siswa SMA Negeri 2 Bantul. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penentuan subjek penelitian ditentukan dengan purposive. Subjek penelitian adalah Guru PPKn SMA Negeri 2 Bantul. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian diperiksa keabsahannya melalui triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, pelaksanaan metode pembelajaran interaktif mata pelajaran PPKn yang dikembangkan dalam menumbuhkan nasionalisme siswa SMA Negeri 2 Bantul dilakukan melalui metode diskusi dan tanya jawab sehingga penenaman nasionalisme belum optimal; media pembelajaranya berupa teknologi pembelajaran powerpoint dan video pembelajaran. Kedua, kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan metode dan media pembelajaran interaktif mata pelajaran PPKn yang dikembangkan dalam menumbuhkan nasionalisme siswa SMA Negeri 2 Bantul dikelompokan menjadi dua, yaitu kendala internal dan eksternal. Kendala internal adalah kurangya minat dan wawasan siswa terhadap nasionalisme, alokasi waktu yang belum baik, kemajuan teknologi yang belum mampu dipergunakan secara tepat, kurangnya inovasi dan kreativitas guru terhadap media pembelajaran PPKn. Kendala eksternal adalah kurangnya sumber dan bahan pembelajaran PPKn serta keterbatasan sarana penunjang untuk media video pembelajaran. Ketiga, upaya mengatasi kendala internal guru menarik perhatian peserta didik terkait nasionalisme dengan memberikan gambar-gambar mengenai aktualisasi sikap nasionalisme, guru memaksimalkan keterbatasan waktu pembelajaran dengan mengefektifkan proses pembelajaran, dan guru melakukan upaya pengembangan media pembelajaran. Sedangkan upaya untuk mengatasi kendala eksternal guru memberikan pengarahan terhadap sumber belajar yang harus dipergunakan dan mengupayakan keterbatasan sarana sekolah untuk dilengkapi. Kata kunci : Metode Pembelajaran, Media Pembelajaran dan Nasionalisme

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Hukum
Ilmu Sosial > Kewarganegaraan dan Hukum
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Kewarganegaraan dan Hukum
Depositing User: Admin Pendidikan Kewarganegaraan FIS
Date Deposited: 18 Mar 2016 01:13
Last Modified: 30 Jan 2019 06:58
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30379

Actions (login required)

View Item View Item