Pengembangan Instrumen Evaluasi Uji Kompetensi Keahlian (UKK) Administrasi Perkantoran di SMK

Suranto, Suranto (2013) Pengembangan Instrumen Evaluasi Uji Kompetensi Keahlian (UKK) Administrasi Perkantoran di SMK. S3 thesis, UNY.

[img] Text
disertasi-suranto-06701261011.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengidentifikasi komponen-komponen penyelenggaraan kegiatan UKK yang dikembangkan pada instrumen evaluasi penyelenggaraan kegiatan UKK administrasi perkantoran di SMK; (2) mengembangkan instrumen yang cocok untuk melakukan evaluasi penyelenggaraan kegiatan UKK administrasi perkantoran di SMK; dan (3) menyusun panduan yang memudahkan penerapan instrumen evaluasi uji kompetensi keahlian administrasi perkantoran di SMK. Penelitian pengembangan ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Prosedur pengembangan dilakukan melalui empat tahapan utama, yaitu tahap pendahuluan, tahap perencanaan dan pengembangan, tahap uji coba evaluasi dan revisi, serta tahap implementasi. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan teknik focus group discussion, angket/kuesioner, wawancara, observasi, dan studi dokumen. Analisis data dengan responden siswa menggunakan program Lisrel 8.51. dan data dengan responden guru dianalisis menggunakan SPSS 17.00 for Windows. Kesimpulan hasil penelitian ini sebagai berikut. (1) Komponen penyelenggaraan UKK mencakup : (a) kolaborasi sekolah dengan asosiasi profesi dan DU/DI; (b) kinerja asesor; (c) sarana prasarana penunjang UKK; (d) sikap siswa terhadap UKK; (e) informasi capaian kompetensi siswa; dan (f) pengakuan legal asosiasi profesi dan DU/DI. (2) Perangkat instrumen evaluasi yang dikembangkan mencakup instrumen dan panduan evaluasi, sedangkan jenis instrumen evaluasi mencakup: (a) instrumen untuk responden siswa, dan (b) instrumen untuk responden guru. (3) Hasil uji coba menunjukkan semua instrumen yang dikembangkan memenuhi syarat validitas dan reliabilitas, muatan faktor > 0,3, nilai t > 1,96, α > 0,70, serta memenuhi kriteria sebagai fit model RMSEA < 0,10 dan GFI > 0,90 sehingga layak digunakan oleh pimpinan sekolah untuk mengevaluasi kualitas penyelenggaraan kegiatan UKK Administrasi Perkantoran di SMK. (4) Hasil uji keterbacaan instrumen menunjukkan instrumen evaluasi penyelenggaraan UKK dalam kategori baik atau layak digunakan, rerata skor 3,92. (5) Hasil uji panduan penerapan instrumen evaluasi berdasarkan penilaian pakar dan praktisi menunjukkan bahwa panduan dalam kategori layak untuk digunakan, rerata skor 3,99.

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: pengembangan, instrumen evaluasi, Uji Kompetensi Keahlian
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 17 Mar 2016 09:35
Last Modified: 18 Jul 2022 06:49
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30375

Actions (login required)

View Item View Item