PEMBUATAN BUKU PENGAYAAN PEMBELAJARAN UNTUK MATA PELAJARAN PENGELOLAAN USAHA (PU) DI KELAS XII PROGRAM KEAHLIAN PATISERI SMK NEGERI 3 PURWOKERTO

Muhedifah, Nafijayanti (2016) PEMBUATAN BUKU PENGAYAAN PEMBELAJARAN UNTUK MATA PELAJARAN PENGELOLAAN USAHA (PU) DI KELAS XII PROGRAM KEAHLIAN PATISERI SMK NEGERI 3 PURWOKERTO. S1 thesis, U N Y.

[img]
Preview
Text
Muhedfah Nafijayanti - 09511244008.pdf

Download (36MB) | Preview

Abstract

PEMBUATAN BUKU PENGAYAAN PEMBELAJARAN UNTUK MATA PELAJARAN PENGELOLAAN USAHA (PU) DI KELAS XII PROGRAM KEAHLIAN PATISERI SMK NEGERI 3 PURWOKERTO Oleh: Muhedifah Nafijayanti NIM 09511244008 ABSTRAK Tujuan penelitian ini untuk: (1) mengetahui proses pembuatan buku pengayaan pembelajaran pada mata pelajaran Pengelolaan Usaha (PU) standar kompetensi mengelola usaha kue dan roti, dan (2) mengetahui kelayakan buku pengayaan pembelajaran sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran Pengelolaan Usaha (PU) standar kompetensi mengelola usaha kue dan roti di kelas XII Program Keahlian Patiseri SMK Negeri 3 Purwokerto. Penelitian ini merupakan penelitian research & development melalui beberapa tahap yaitu identifikasi potensi dan masalah, pengumpulan informasi, desain produk, validasi desain, perbaikan desain, dan uji coba produk. Aspek yang diamati meliputi aspek materi, media, dan secara keseluruhan. Pengujian kelayakan buku pengayaan pembelajaran dilakukan pada kelas XII Program Keahlian Patiseri sejumlah 22 siswa. Analisis data menggunakan analisis deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa: 1) proses pembuatan buku pengayaan pembelajaran standar kompetensi mengelola usaha kue dan roti pada mata pelajaran Pengelolaan Usaha (PU) melalui beberapa tahap, yaitu identifikasi potensi dan masalah dengan wawancara dan observasi, pengumpulan informasi dengan wawancara guru pengampu mata pelajaran Pengelolaan Usaha (PU), desain produk menggunakan program CorelDraw X4, validasi desain oleh 3 ahli materi dan 3 ahli media, perbaikan desain berdasarkan penilaian validator, dan hasil uji coba produk menunjukkan buku pengayaan layak, 2) Tingkat kelayakan buku pengayaan pembelajaran standar kompetensi mengelola usaha kue dan roti pada mata pelajaran pengelolaan usaha (PU) ditinjau dari aspek media dikategorikan layak sebesar 18,2% dan kategori sangat layak sebesar 81,8%, dilihat dari aspek materi dikategorikan layak 4,5% dan kategori sangat layak sebesar 95,5%, dan secara keseluruhan dikategorikan layak sebesar 13,6% dan kategori sangat layak sebesar 86,4%. Kata kunci: buku pengayaan pembelajaran, mata pelajaran Pengelolaan Usaha (PU).

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Boga
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 17 Mar 2016 04:34
Last Modified: 30 Jan 2019 06:58
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30367

Actions (login required)

View Item View Item