KEGIATAN WISATA MICE (meeting, incentive, convention, exhibition) DAN PERAN DINAS PARIWISATA DAN KEBUDAYAAN DALAM MENINGKATKAN WISATA MICE DI KOTA YOGYAKARTA

Asrifah, Riana (2016) KEGIATAN WISATA MICE (meeting, incentive, convention, exhibition) DAN PERAN DINAS PARIWISATA DAN KEBUDAYAAN DALAM MENINGKATKAN WISATA MICE DI KOTA YOGYAKARTA. S1 thesis, FIS.

[img] Other (Skripsi Digital)
2. SKRIPSI - RIANA ASRIFAH.swf - Published Version

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kegiatan wisata MICE di Kota Yogyakarta dan bagaimana Peran Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Yogyakarta dalam meningkatkan Wisata MICE. Selain itu juga untuk mengetahui potensi Wisata MICE di Kota Yogyakarta. Kajian tentang kegiatan wisata MICE di Kota Yogyakarta dan bagaimana Peran Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Yogyakarta dalam meningkatkan Wisata MICE ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Informan penelitian dipilih menggunakan teknik purposive sampling berdasarkan beberapa kriteria, yaitu menjadi anggota kepegawaian Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Yogyakarta, khususnya dalam bidang Wisata MICE. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi atau arsip. Proses analisis data penelitian ini menggunakan analisis model interaktif Miles dan Hubermen, mulai dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, hingga proses penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Yogyakarta sangat berpotensi sebagai Kota tujuan Wisata MICE, terbukti dengan mendapatkan penghargaan dari Dirjen Pemasaran Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif sebagai The Most MICE paling nyaman di Indonesia. Tentunya ini akan mendukung sekali berbagai kegiatan Wisata MICE di Kota Yogyakarta seperti: seminar, konvensi, serta pameran, kegiatan MICE yang digelar sangat berdampak positif untuk kepariwisataan Kota Yogyakarta dengan banyaknya kegiatan MICE otomatis memberikan keuntungan peningkatan penghasilan bagi masyarakat termasuk pelaku kepentingan pariwisata misalnya: produk kerajinan, rumah makan, hotel dan akomodasi. Dalam Perannya Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Yogyakarta untuk meningkatkan Wisata MICE di Kota Yogyakarta yaitu dengan melakukan Promosi baik langsung maupun secara online, selain itu mempunyai strategi khusus dalam meningkatkan Wisata MICE dengan menyuguhkan event-event yang menarik yang berkaitan dengan MICE, menciptakan destinasi wisata baru, atraksi wisata dan atraksi budaya.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Sosiologi Antropologi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi
Depositing User: Admin Pendidikan Sosiologi FIS
Date Deposited: 17 Mar 2016 04:21
Last Modified: 30 Jan 2019 06:58
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30364

Actions (login required)

View Item View Item