PENGARUH PRESEPSI SISWA TENTANG KELAYAKAN BENGKEL DAN PRESTASI TEORI PROSES PEMESINAN TERHADAP PRESTASI PRAKTIK BUBUT SISWA KELAS XII TEKNIK PEMESINAN SMK NEGERI 2 YOGYAKARTA

Muhammad, Taufiq Ramadhan (2016) PENGARUH PRESEPSI SISWA TENTANG KELAYAKAN BENGKEL DAN PRESTASI TEORI PROSES PEMESINAN TERHADAP PRESTASI PRAKTIK BUBUT SISWA KELAS XII TEKNIK PEMESINAN SMK NEGERI 2 YOGYAKARTA. S1 thesis, U N Y.

[img]
Preview
Text
Muhammad Taufiq Ramadhan - 10503244007.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

PENGARUH PRESEPSI SISWA TENTANG KELAYAKAN BENGKEL DAN PRESTASI TEORI PROSES PEMESINAN TERHADAP PRESTASI PRAKTIK BUBUT SISWA KELAS XII TEKNIK PEMESINAN SMK NEGERI 2 YOGYAKARTA Oleh: Muhammad Taufiq Ramadhan NIM. 10503244007 ABSTRAK Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui (1) tingkat presepsi siswa tentang kelayakan bengkel jurusan Teknik Pemesinan SMK N 2 Yogyakarta; (2) tingkat prestasi teori proses pemesinan siswa kelas XII SMK N 2 Yogyakarta; (3) tingkat prestasi praktik bubut siswa kelas XII SMK N 2 Yogyakarta; (4) pengaruh presepsi siswa tentang kelayakan bengkel terhadap prestasi praktik bubut siswa kelas XII SMK N 2 Yogyakarta; (5) pengaruh prestasi teori proses pemesinan terhadap prestasi praktik bubut siswa kelas XII SMK N 2 Yogyakarta; (6) pengaruh kelayakan fasilitas bengkel dan prestasi teori proses pemesinan terhadap prestasi praktik bubut siswa kelas XII SMK N 2 Yogyakarta. Penelitian ini termasuk jenis penelitian ex-post facto dengan pendekatan deskriptif korelasional. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XII Teknik Pemesinan SMK N 2 Yogyakarta sebanyak 117 siswa. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 90 siswa ditentukan dengan rumus slovin. Metode pengumpulan data menggunakan angket, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi ganda. Hasil penelitian ini adalah (1) tingkat presepsi siswa tentang kelayakan bengkel jurusan Teknik Pemesinan SMK N 2 Yogyakarta memiliki kecenderungan skor pada kategori cukup, dengan nilai rerata sebesar 80,77; (2) tingkat prestasi teori proses pemesinan siswa kelas XII Teknik Pemesinan SMK N 2 Yogyakarta memiliki kecenderungan skor pada kategori cukup, dengan nilai rerata sebesar 20,47; (3) tingkat prestasi praktik bubut siswa kelas XII Teknik Pemesinan SMK N 2 Yogyakarta memiliki kecenderungan skor pada kategori cukup, dengan nilai rerata sebesar 87,08; (4) presepsi siswa tentang kelayakan bengkel berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi praktik bubut siswa kelas XII Teknik Pemesinan SMK N 2 Yogyakarta (Rx1y= 0,486); (5) prestasi teori proses pemesinan berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi praktik bubut siswa kelas XII Teknik Pemesinan SMK N 2 Yogyakarta (Rx2y= 0,503); (6) presepsi siswa tentang kelayakan bengkel dan prestasi teori proses pemesinan secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi praktik bubut siswa kelas XII Teknik Pemesinan SMK N 2 Yogyakarta (Ryx1x2= 0,615), dengan persamaan regresi Y = 63,2+0,13X1+0,65X2. Kata Kunci: Presepsi Siswa Tentang Kelayakan Bengkel, Prestasi Teori Proses Pemesinan, Prestasi Praktik Bubut.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mesin
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 17 Mar 2016 04:21
Last Modified: 30 Jan 2019 06:54
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30362

Actions (login required)

View Item View Item