Pengembangan Sumber Belajar Berbasis Komputer pada Materi Jenis-Jenis Kelembagaan Sosial Mata Pelajaran IPS Kelas VII

Ardiansyah, Rakhmad (2016) Pengembangan Sumber Belajar Berbasis Komputer pada Materi Jenis-Jenis Kelembagaan Sosial Mata Pelajaran IPS Kelas VII. S1 thesis, FIS.

[img] Other (Skripsi Digital)
2. Skripsi Full 10416241019.swf - Published Version

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan sumber belajar berbasis komputer pada materi jenis-jenis kelembagaan sosial mata pelajaran IPS kelas VII. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui kelayakan sumber belajar berbasis komputer pada materi jenis-jenis kelembagaan sosial mata pelajaran IPS kelas VII. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development). Penelitian ini tidak sampai pada tahapan produksi masal. Pengembangan dalam penelitian ini dilakukan melalui beberapa tahap yaitu: 1) mencari potensi dan masalah, 2) mengumpulkan data, 3) membuat desain produk, 4) melakukan validasi desain, 5) melakukan revisi desain, 6) uji coba produk, 7) melakukan revisi produk, 8) uji coba pemakaian. Subjek penelitian adalah seorang guru IPS, siswa kelas VII SMP Negeri 5 Yogyakarta yang terdiri dari 5 orang siswa untuk uji coba produk dan 29 orang siswa untuk uji coba pemakaian. Instrumen pengumpulan data berupa lembar penilaian validator, lembar kuesioner uji coba sumber belajar berbasis komputer oleh guru serta lembar kuesioner untuk mengetahui tanggapan siswa. Teknik analisis data penelitian menggunakan analisis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sumber belajar berbasis komputer pada materi jenis-jenis kelembagaan sosial dikembangkan melalui tahapan a) mencari potensi dan masalah; b) mengumpulkan data; c) membuat desain produk, meliputi: i) analisis kebutuhan, ii) mengidentifikasi materi, iii) menentukan model pembelajaran, iv) membuat desain flowchart, v) penulisan storyboard, vi) mengumpulkan bahan grafis, vii) mengumpulkan bahan animasi, viii) pemograman, ix) finishing, mastering; d) melakukan validasi desain, e) melakukan revisi desain, f) uji coba produk, g) melakukan revisi produk, h) melakukan uji coba pemakaian. Sumber belajar berbasis komputer pada materi jenis-jenis kelembagaan sosial hasil pengembangan layak digunakan berdasarkan hasil validasi ahli materi sebesar 4,17 atau “baik”, hasil validasi ahli media sebesar 4,50 atau “sangat baik”, hasil uji coba oleh guru sebesar 4,64 atau “sangat baik”, hasil tanggapan siswa sebesar 4,46 atau “sangat baik”. Kata kunci: sumber belajar berbasis komputer, IPS

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan IPS
Depositing User: Admin Pendidikan IPS FIS
Date Deposited: 17 Mar 2016 04:05
Last Modified: 30 Jan 2019 06:54
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30359

Actions (login required)

View Item View Item