PENGEMBANGAN BLOG SEBAGAI SUMBER BELAJAR IPS KELAS VIII PADA SUB TEMA SIFAT DAN BENTUK INTERAKSI SOSIAL BUDAYA DALAM PEMBANGUNAN

Septiyanto, . (2016) PENGEMBANGAN BLOG SEBAGAI SUMBER BELAJAR IPS KELAS VIII PADA SUB TEMA SIFAT DAN BENTUK INTERAKSI SOSIAL BUDAYA DALAM PEMBANGUNAN. S1 thesis, FIS.

[img] Other (Skripsi Digital)
3. SKRIPSI 11416244020.swf - Published Version

Download (11MB)

Abstract

Sumber belajar berupa blog sangat potensial digunakan sebagai salah satu sumber belajar siswa. Saat ini blog belum optimal dikembangkan sebagai sumber belajar. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengembangkan blog sebagai sumber belajar IPS kelas VIII pada sub tema sifat dan bentuk interaksi sosial budaya dalam pembangunan, 2) Mengetahui kelayakan blog sebagai sumber belajar IPS pada sub tema sifat dan bentuk interaksi sosial budaya dalam pembangunan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan mengacu pada model Sugiyono. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII F SMP Negeri 3 Bantul dengan subjek uji sebanyak 27 siswa. Teknik pengumpulan data berupa angket menggunakan angket validasi untuk ahli media dan ahli materi serta angket penilaian untuk guru IPS dan siswa SMP Negeri 3 Bantul kelas VIII F. Analisis data menggunakan teknik statistik deskriptif. Hasil penelitian yaitu: 1) Mengembangkan blog sebagai sumber belajar dalam mata pelajaran IPS dengan tahapan berikut; Analisis kurikulum dan mata pelajaran, analisis kebutuhan, identifikasi program, flow chart, storyboard mengumpulkan bahan, pemrograman, dan finishing. Blog yang dihasilkan dengan alamat www.belajarips.web.id, menggunakan gaya bahasa yang komunikatif dan memiliki konten-konten yang berisi materi, soal evaluasi, game edukasi, dan juga hiburan berupa musik, 2) Berdasarkan hasil analisis kelayakan media, diketahui bahwa seluruh aspek penilaian baik dari ahli materi, ahli media, guru IPS maupun uji coba, semuanya berkisar pada rerata antara 3,8-4,4 dengan kategori baik-sangat baik. Penilaian dari ahli materi memperoleh rerata skor sebanyak 3,8 dengan kategori baik, penilaian dari ahli media memperoleh rerata skor sebanyak 4,2 dengan kategori sangat baik, penilaian dari guru IPS memperoleh rerata skor sebanyak 4,4 dengan kategori sangat baik, dan uji coba lapangan memperoleh rerata skor sebanyak 4,34 dengan kategori sangat baik. Dengan demikian blog tema sifat dan bentuk interaksi sosial budaya dalam pembangunan yang telah dikembangkan dinyatakan layak untuk digunakan. Kata kunci: Sumber Belajar, Blog, IPS.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan IPS
Depositing User: Admin Pendidikan IPS FIS
Date Deposited: 17 Mar 2016 03:56
Last Modified: 30 Jan 2019 06:53
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30357

Actions (login required)

View Item View Item