PENERAPAN MEDIA BERBASIS KOMPUTER UNTUK PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN TEORI PENGGUNAAN PERKAKAS TANGAN DI SMK MUHAMMADIYAH 1

MUHAMMAD, NOVIYAN ADMAJA (2016) PENERAPAN MEDIA BERBASIS KOMPUTER UNTUK PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN TEORI PENGGUNAAN PERKAKAS TANGAN DI SMK MUHAMMADIYAH 1. S1 thesis, U N Y.

[img]
Preview
Text
Muhammad Noviyan Admaja 08503241009.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

PENERAPAN MEDIA BERBASIS KOMPUTER UNTUK PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN TEORI PENGGUNAAN PERKAKAS TANGAN DI SMK MUHAMMADIYAH 1 BANTUL Oleh : MUHAMMAD NOVIYAN ADMAJA 08503241009 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan produk media pembelajaran berbantuan komputer, (2) Menguji kelayakan media pembelajaran. Penelitian dilakukan dengan metode kuasi eksperimen. Desain penelitiannya menggunakan bentuk Non equivalent Control Group Design. Populasi penelitian 120 siswa, sampel penelitiannya 60 siswa yang dibagi dalam dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen yang pembelajarannya dengan media power point dan kelompok kontrol yang pembelajarannya dengan media konvensional. Hasil belajar kelompok tersebut yang berupa nilai yang diperoleh dari pretest dan posttest. Pengembangan media pembelajaran terdiri dari beberapa tahap, yaitu: Pengumpulan bahan ajar, gambar, video, dan pengembangan media pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan, Prestasi belajar 30 siswa dari kelompok kontrol diperoleh nilai tertinggi sebesar 95 dan nilai terendah sebesar 50; Harga mean sebesar 64,67; median sebesar 65; modus sebesar 65; dan simpangan baku sebesar 9,8. Hasil belajar posttest 30 siswa diperoleh nilai tertinggi sebesar 100 dan nilai terendah sebesar 60; harga mean sebesar 92,66; median sebesar 95; modus sebesar 12; dan simpangan baku sebesar 10,06. Hasil penelusuran dapat disimpulkan bahwa telah terjadi peningkatan dan penurunan nilai dari pre-test atau tes awal dan post-test atau tes setelah perlakuan. Hasil yang lain juga ditemukan nilai yang tetap. Persentase dari hasil penelitian menunjukkan 83% mengalami peningkatan, 13% tetap, dan 3% mengalami penurunan. Pengujian hipotesis posttest dilakukan dengan rumus kolmogorov-smirnov , hal ini dikarenakan salah satu data berdistribusi tidak normal. Harga D hitung > D tabel (15 > 10), maka Ho ditolak dan Ha diterima. Terdapat peningkatan hasil belajar siswa kelas X sebelum dan sesudah penggunaan media pembelajaran power point pada mata pelajaran penggunaan perkakas tangan. Kata kunci : Media berbasis Komputer,Prestasi belajar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mesin
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 17 Mar 2016 03:58
Last Modified: 30 Jan 2019 06:53
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30356

Actions (login required)

View Item View Item