Pengembangan Sumber Belajar IPS Berbasis Game Edukasi dengan Tema Keragaman Sosial Budaya Sebagai Hasil Dinamika Interaksi Manusia di Kelas VII SMP Negeri 6 Purworejo

Wardani, Aryanti Sri (2016) Pengembangan Sumber Belajar IPS Berbasis Game Edukasi dengan Tema Keragaman Sosial Budaya Sebagai Hasil Dinamika Interaksi Manusia di Kelas VII SMP Negeri 6 Purworejo. S1 thesis, FIS.

[img] Other (Skripsi Digital)
SKRIPSI 11416244021.swf - Published Version

Download (10MB)
Official URL: http://library.fis.uny.ac.id

Abstract

Sumber belajar berbasis game edukasi sangat potensial digunakan sebagai salah satu sumber belajar siswa. Saat ini belum banyak dikembangkan game edukasi sebagai sumber belajar. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui cara mengembangkan sumber belajar IPS berbasis game edukasi; 2) Mengetahui kelayakan sumber belajar IPS berbasis game edukasi berdasarkan penilaian dari ahli materi, ahli media, guru, serta uji coba siswa kelas VII. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan penyederhanaan model Borg&Gall. Subjek penelitian siswa kelas VII SMP Negeri 6 Purworejo. Teknik pengumpulan data menggunakan angket validasi untuk ahli materi dan media, serta angket penilaian guru IPS dan siswa. Analisis data menggunakan teknik kuantitatif deskriptif. Hasil penelitian yaitu: 1) Pengembangan sumber belajar IPS berbasis game edukasi melalui 4 tahap, yaitu tahap pengumpulan data, tahap perencanaan, tahap pengembangan, serta tahap evaluasi produk. Game yang telah dihasilkan kemudian di validasi oleh ahli materi, ahli media, guru, dan siswa SMP kelas VII; 2) Berdasarkan hasil analisis kelayakan media, diketahui bahwa seluruh aspek penilaian baik dari ahli materi, ahli media, guru, maupun uji coba, semuanya berkisar pada rerata 4,0-4,86 dengan kategori baik. Penilaian dari ahli materi memperoleh rerata skor sebesar 4,0 dengan kategori baik, penilaian dari ahli media memperoleh rerata skor sebesar 4,0 dengan kategori baik, penilaian dari guru IPS memperoleh rerata skor sebesar 4,86 dengan kategori sangat baik, uji pemakaian terbatas memperoleh rerata skor sebesar 4,02 dengan kategori sangat baik, uji pemakaian lapangan memperoleh rerata 4,20 dengan kategori sangat baik. Dengan demikian game edukasi layak digunakan sebagai sumber belajar IPS kelas VII SMP. Kata kunci: Sumber Belajar, IPS, Game Edukasi.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Depositing User: Admin Pendidikan IPS FIS
Date Deposited: 17 Mar 2016 03:51
Last Modified: 17 Mar 2016 03:51
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30355

Actions (login required)

View Item View Item