PENGEMBANGAN MODEL DARI BAHAN KAYU SEBAGAI PEMBELAJARAN MATA DIKLAT MEMBACA GAMBAR TEKNIK DI SMKN 1 SEDAYU

Ngudi, Prakoso (2011) PENGEMBANGAN MODEL DARI BAHAN KAYU SEBAGAI PEMBELAJARAN MATA DIKLAT MEMBACA GAMBAR TEKNIK DI SMKN 1 SEDAYU. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text (Document)
MODEL_DEVELOPMENT_OF_WOOD_MATERIAL_AS_LEARNING_TO_READ_IMAGE_TECHNIQUE_COURSE_IN_SMKN_1_SEDAYU.pdf

Download (46kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) merancang dan membuat media pembelajaran dengan model dari bahan kayu pada Mata Diklat Membaca Gambar Teknik; (2) menghasilkan produk model pembelajaran Gambar Potongan untuk Mata Diklat Membaca Gambar Teknik di SMK N 1 Sedayu dalam bentuk model dari bahan kayu yang layak untuk diterapkan sebagai media pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian pengembangan (Research and Development) yang dilakukan di Jurusan Teknik Pengelasan SMK Negeri 1 Sedayu, Bantul Yogyakarta, dalam waktu lima bulan, mulai dari bulan Desember 2010 sampai dengan bulan April 2011. Objek penelitian ini berupa pengembangan media pembelajaran dengan model dari bahan kayu pada Mata Diklat Membaca Gambar Teknik. Pengumpulan data dilakukan menggunakan kuesioner (angket) dan soal tes (pretest & postest). Teknik analisis data dilakukan menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan uji coba penerapan media dilakukan dengan cara membandingkan hasil pretest-posttest dan observasi dari guru. Hasil penelitian ini adalah media pembelajaran dengan model dari bahan kayu, sedangkan tahapan rancangan pengembangan media yang dilakukan yaitu: (1) menetapkan mata pelajaran yang akan dikembangkan medianya; (2) melakukan penelitian pendahuluan; (3) pembuatan desain gambar; (4) pengumpulan bahan; (5) mengembangkan bentuk produk; (6) validasi oleh ahli media dan ahli materi; (7) analisis; (8) revisi I/revisi produk awal; (9) uji coba kelompok kecil; (10) analisis hasil uji coba kelompok kecil; (11) revisi II; (12) uji coba kelompok besar; (13) analisis hasil uji kelompok besar; (14) uji efektifitas/penerapan; dan (15) produk akhir. Media pembelajaran dinyatakan layak berdasarkan uji kelayakan menurut ahli media pembelajaran dengan persentase total sebesar 90,38% dan 100%, ahli materi dengan persentase total sebesar 90% dan 97,5%, hasil uji kelompok kecil dengan persentase total sebesar 81,5% dan uji coba kelompok besar dengan persentase total sebesar 77,8%. Media pembelajaran dengan model dari bahan kayu ini telah teruji keefektifannya untuk meningkatkan prestasi belajar siswa dengan nilai rata-rata 80,57. Dari hasil uji di atas dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran dengan model dari bahan kayu yang dikembangkan layak digunakan sebagai pendukung pembelajaran untuk mata diklat Membaca Gambar Teknik dan efektif untuk meningkatkan prestasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mesin
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 07 Aug 2012 03:36
Last Modified: 29 Jan 2019 15:26
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/3035

Actions (login required)

View Item View Item