PENGARUH MUTU PEMBELAJARAN DAN KESIAPAN BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA DIKLAT AUTOCAD LANJUT DI PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK GAMBAR BANGUNAN SMK NEGERI 3 YOGYAKARTA

Muhammad, Fatkhul Wahhab (2016) PENGARUH MUTU PEMBELAJARAN DAN KESIAPAN BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA DIKLAT AUTOCAD LANJUT DI PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK GAMBAR BANGUNAN SMK NEGERI 3 YOGYAKARTA. S1 thesis, U N Y.

[img]
Preview
Text
Muhammad Fatkhul Wahhab 09505244039.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

PENGARUH MUTU PEMBELAJARAN DAN KESIAPAN BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA DIKLAT AUTOCAD LANJUT DI PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK GAMBAR BANGUNAN SMK NEGERI 3 YOGYAKARTA Oleh: Muhammad Fatkhul Wahhab NIM. 09505244039 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) deskripsi mutu pembelajaran, kesiapan belajar siswa dan hasil belajar siswa pada mata diklat AutoCAD Lanjut di Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 3 Yogyakarta; (2) pengaruh mutu pembelajaran terhadap hasil belajar; (3) pengaruh kesiapan belajar siswa terhadap hasil belajar; dan (4) pengaruh mutu pembelajaran dan kesiapan belajar siswa secara bersama-sama terhadap hasil belajar. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan yang berjumlah 85 siswa. Penentuan jumlah sampel menggunakan tabel Isaac dan Michael. Teknik pengumpulan data variabel mutu pembelajaran dan kesiapan belajar siswa menggunakan angket, sementara variabel hasil belajar menggunakan dokumentasi nilai akhir semester. Uji validitas konstruk instrumen dengan expert judgement dan uji validitas isinya menggunakan analisa butir rumus Product Moment. Uji reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach. Pengujian hipotesis dilakukan dengan uji F melalui analisis regresi yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas, uji linieritas dan uji multikolonieritas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) hasil belajar mata diklat AutoCAD Lanjut dalam kategori baik dengan persentase 58%; berdasarkan pendapat siswa, mutu pembelajaran dalam kategori baik dengan persentase 59,5%; dan kesiapan belajar siswa dalam kategori baik dengan persentase 66,67%; (2) terdapat pengaruh signifikan mutu pembelajaran terhadap hasil belajar mata diklat AutoCAD Lanjut dengan koefisien korelasi parsial sebesar 0,302; (3) terdapat pengaruh signifikan kesiapan belajar siswa terhadap hasil belajar mata diklat AutoCAD Lanjut dengan koefisien korelasi parsial sebesar 0,373; (4) terdapat pengaruh signifikan mutu pembelajaran dan kesiapan belajar siswa secara bersama-sama terhadap hasil belajar mata diklat AutoCAD Lanjut dengan koefisien regresi sebesar 0,504 dan koefisien determinan sebesar 25,4%. Kata kunci: mutu pembelajaran, kesiapan belajar siswa, hasil belajar dan AutoCAD Lanjut.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Sipil dan Perencanaan
Divisions: Fakultas Teknik > Jurusan Teknik Sipil dan Perencanaan > Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 16 Mar 2016 03:31
Last Modified: 30 Jan 2019 06:53
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30343

Actions (login required)

View Item View Item