PENGARUH KOMUNIKASI INTERPERSONAL DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP INTENSI BERWIRAUSAHA SISWA SMK MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA

Muhammad, Arif Ikhsanudin (2016) PENGARUH KOMUNIKASI INTERPERSONAL DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP INTENSI BERWIRAUSAHA SISWA SMK MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA. S1 thesis, U N Y.

[img]
Preview
Text
Muhammad Arif Iksanudin - 05501241013.pdf

Download (27MB) | Preview

Abstract

PENGARUH KOMUNIKASI INTERPERSONAL DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP INTENSI BERWIRAUSAHA SISWA SMK MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA Muhammad Arif Ikhsanudin NIM. 05501241013 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh komunikasi interpersonal dan lingkungan keluarga terhadap intensi berwirausaha siswa SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta secara bersama-sama. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui seberapa besar kontribusi komunikasi interpersonal siswa terhadap intensi berwirausaha di SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode Ex- Post Facto. Penelitian ini mengunakan dua macam variabel yaitu : 1) variabel bebas meliputi komunikasi interpersonal dan lingkungan keluarga; 2) variabel terikat meliputi intensi berwirausaha siswa. Pengumpulan data variabel metode angket dengan skala likert (1-4) dan jenis datanya interval. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode simple random sampling. Sampel penelitian ini berjumlah 199 responden dari 413 populasi siswa kelas XI di SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi ganda. Hasil penelitian deskriptif menunjukan bahwa: 1) komunikasi interpersonal siswa kelas XI SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta tergolong sangat baik sebesar 34,2 %, kategori baik sebesar 63.3% dan cukup baik sebesar 2.5%. Hasil pengujian hipotesis dengan tingkat signifikansi (α) sebesar 0,05 dan uji dilakukan dengan satu sisi, menunjukan bahwa; 2) terdapat pengaruh yang signifikan komunikasi interpersonal terhadap intensi berwirausaha siswa, dengan kontribusi sebesar 2.9%; 3) terdapat pengaruh yang signifikan lingkungan keluarga terhadap minat berwirausaha, dengan kontribusi sebesar 3,1%; 4) koefisien determinasi sebesar 0,051 menyatakan besarnya sumbangan variabel komunikasi interpersonal dan lingkungan keluarga terhadap intensi berwirausaha siswa. Artinya 5,1% peningkatan intensi berwirausaha ditentukan oleh besarnya skor komunikasi interpersonal dan lingkungan keluarga sedangkan 94,9% ditentukan oleh faktor lainnya. Hasil tersebut memberikan pengertian terdapat pengaruh yang signifikan variabel komunikasi interpersonal dan lingkungan keluarga secara bersama-sama terhadap intensi berwirausaha siswa SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Kata kunci: komunikasi interpersonal, lingkungan keluarga, dan intensi berwirausaha siswa. vii

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektro
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 16 Mar 2016 02:32
Last Modified: 30 Jan 2019 06:53
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30335

Actions (login required)

View Item View Item