Pengaruh Tingkat Pemahaman Menjahit Dasar, Motivasi Belajar, dan Partisipasi Orang Tua Terhadap Hasil Kompetensi Membuat Busana Wanita

Achmad, Rosita Noor (2014) Pengaruh Tingkat Pemahaman Menjahit Dasar, Motivasi Belajar, dan Partisipasi Orang Tua Terhadap Hasil Kompetensi Membuat Busana Wanita. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-rosita-noor-achmad-11702259019.swf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mengungkapkan pengaruh tingkat pemahaman menjahit dasar dengan hasil kompetensi membuat busana wanita; (2) mengungkapkan pengaruh motivasi belajar dengan hasil kompetensi membuat busana wanita; (3) mengungkapkan pengaruh partisipasi orang tua dengan hasil kompetensi membuat busana wanita; (4) dan mengungkapkan pengaruh tingkat pemahaman menjahit dasar, motivasi belajar, dan partisipasi orang tua dengan hasil kompetensi membuat busana wanita. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto. Populasi penelitian adalah siswa SMK program keahlian Busana Butik Se-Kabupaten Mojokerto yang berjumlah 324 siswa. Sampel penelitian sebanyak 90 responden ditentukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Data dikumpulkan menggunakan tes, angket. Validitas dan reliabilitas instrumen penelitian diuji dengan uji koefisien Alpha Cronbach. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan statistik deskriptif dan ststistik regresi ganda. Analisis data dilakukan setelah uji persyaratan analisis yaitu normalitas, uji linieritas, dan uji multikolinieritas, dengan bantuan software SPSS 18. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) terdapat pengaruh yang signifikan antara tingkat pemahaman menjahit dasar dengan hasil kompetensi membuat busana wanita (rx1y = 0,916; p = 0,00 ˂ 0,05); (2) terdapat pengaruh yang signifikan antara motivasi belajar dengan hasil kompetensi membuat busana wanita (rx2y = 0,211; p = 0,211 ˂ 0,05); (3) terdapat pengaruh yang signifikan antara partisipasi orang tua dengan hasil kompetensi membuat busana wanita (rx3y = 0,574; p = 0,00 ˂ 0,05); (4) terdapat pengaruh yang signifikan antara tingkat pemahaman menjahit dasar, motivasi belajar, dan partisipasi orang tua dengan hasil kompetensi membuat busana wanita (rx1y, rx2y, rx3y = 0,99). Dari hasil ini dapat disimpulkan bahwa tingkat pemahaman menjahit dasar, motivasi belajar, dan partisipasi orang tua secara bersama sama mampu memberikan pengaruh sebesar 99% terhadap hasil kompetensi membuat busana wanita siswa SMK kelas XI kompetensi keahlian busana butik di Kabupaten Mojokerto.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: menjahit dasar, motivasi, partisipasi orangtua, kompetensi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Pasca Sarjana: Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Perpustakaan Program Pascasarjana UNY
Date Deposited: 15 Mar 2016 06:25
Last Modified: 15 Mar 2016 06:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30332

Actions (login required)

View Item View Item