Pengaruh Aplikasi Media Weblog dalam Pembelajaran Biologi terhadap Pemahaman Kesehatan Reproduksi Remaja pada Siswa Madrasah Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta

Widyawati, Penny (2014) Pengaruh Aplikasi Media Weblog dalam Pembelajaran Biologi terhadap Pemahaman Kesehatan Reproduksi Remaja pada Siswa Madrasah Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-penny-widyawati-05702254014.swf

Download (3MB)

Abstract

Kebijakan pemerintah untuk mengupayakan pendidikan kesehatan reproduksi remaja melalui pendidikan formal dengan mengintergasikan pada mata pelajaran terkait belum terlaksana secara optimal. Salah satu kendalanya adalah keterbatasan waktu. Di sisi lain perkembangan teknologi informasi menyediakan berbagai kemudahan. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan perbedaan pengaruh aplikasi weblog dalam pembelajaran biologi terhadap pemahaman kesehatan reproduksi remaja pada siswa Madrasah Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta. Suatu eksperimen untuk membuktikan efektivitas media weblog untuk meningkatkan pemahaman kesehatan reproduksi remaja melalui pendidikan formal. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment menggunakan nonequivalent control group pretest-posttest design. Penelitia dilakukan terhadap siswa kelas XI IPA Madrasah Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta. Seluruh populasi digunakan sebagai sampel penelitian, dan dibedakan menjadi 2 kelompok, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen diberi perlakuan berupa aplikasi weblog sebagai media pembelajaran untuk memberikan informasi materi reproduksi manusia dengan muatan pendidikan kesehatan reproduksi remaja, dan tugas yang harus dikerjakan oleh siswa melengkapi pembelajaran tatap muka di dalam kelas melalui pendekatan siswa belajar aktif. Pengumpulan data dilakukan dengan tes prestasi pilihan ganda untuk mengukur ranah kognitif pada dimensi pemahaman. Pengujian reliabilitas instrumen dengan internal consistency menggunakan metode Alpha Cronbach dengan n = 40, diperoleh r sebesar 0,415. Terbukti instrumen reliabel pada taraf signifikansi 0,05 maupun 0,01. Untuk mengukur pemahaman awal sebelum perlakuan digunakan pretes dan untuk mengukur pemahaman akhir setelah perlakuan dilakukan postes. Analisis data menggunakan independent sample t test pada taraf signifikansi 0,05 untuk mengetahui: (1) perbedaan pemahaman awal kelas eksperimen dan kelas kontrol; (2) perbedaan pemahaman akhir kelas eksperimen dan kelas kontrol dan (3) perbedaan peningkatan pemahaman antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan pemahaman awal kedua kelompok tidak berbeda secara signifikan, hal ini menjadi dasar bahwa apabila kemudian terjadi perubahan adalah akibat intervensi perlakuan. Setelah intervensi perlakuan diberikan pada kelas eksperimen, menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan terhadap pemahaman akhir maupun peningkatan pemahaman antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Perbedaan tersebut adalah kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol. Hal ini membuktikan bahwa aplikasi media weblog dalam pembelajaran biologi materi pokok reproduksi manusia dengan muatan pendidikan kesehatan reproduksi efektif untuk meningkatkan pemahaman kesehatan reproduksi remaja pada siswa Madrasah Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: aplikasi media weblog, pembelajaran biologi, pemahaman kesehatan reproduksi
Subjects: Pendidikan > Teknologi Pendidikan
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 15 Mar 2016 06:12
Last Modified: 29 Jan 2019 08:05
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30331

Actions (login required)

View Item View Item