Pengembangan Sistem Penilaian Hasil Belajar Mata Pelajaran Menganalisis Rangkaian Listrik Berbasis Computerized Adaptive Testing (CAT)

Kamaruddin, Kamaruddin (2014) Pengembangan Sistem Penilaian Hasil Belajar Mata Pelajaran Menganalisis Rangkaian Listrik Berbasis Computerized Adaptive Testing (CAT). S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-kamaruddin-11702251026.swf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan instrumen tes terstandar berbantuan komputer untuk mata pelajaran Menganalisis Rangkaian Listrik yang valid dan reliabel, dilengkapi karakteristik butir, dan tersimpan dalam sistem basis data bank soal; (2) menghasilkan perangkat lunak sistem penilaian hasil belajar mata pelajaran Menganalisis Rangkaian Listrik berbasis CAT (SPBCAT) yang memiliki fungsi untuk memilih butir tes, mengestimasi kemampuan peserta tes, mengemas butir tes dengan tepat, dan memberikan penilaian sesuai dengan kemampuan peserta tes; dan (3) menghasilkan perangkat lunak sistem penilaian hasil belajar mata pelajaran Menganalisis Rangkaian Listrik berbasis CAT (SPBCAT) yang mampu melakukan proses pengujian secara adaptif dan serempak dengan unjuk kerja yang layak. Penelitian dan pengembangan ini dilaksakan dalam empat tahap, yaitu: (1) tahap definisi; (2) tahap desain; (3) tahap pengembangan; dan (4) tahap pengujian. Subjek uji coba adalah guru dan siswa SMK kelas XI TITL. Subjek uji coba terbatas terdiri atas 5 guru mata pelajaran Menganalisis Rangkaian Listrik dan 20 siswa kelas XI TITL2 SMK 2 Pengasih Kulonprogo. Subjek uji coba diperluas terdiri atas 28 siswa kelas XI TITL1 pada sekolah yang sama. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah: (1) instrumen tes terstandar yang berhasil dikembangkan berbentuk pilihan ganda dengan spesifikasi: (a) tersusun dalam empat KD, dan telah dinyatakan valid baik dari segi isi, tampilan, dan konstruk oleh dua ahli pengukuran; (b) memiliki reliabilitas empiris, yaitu: KD 1 = 0,9086, KD 2 = 0,9067, KD 3 = 0,9087,dan KD 4 = 0,9086; (c) karakteristik butir menunjukkan bahwa jumlah butir yang memenuhi kriteria untuk masing-masing KD secara berturut adalah 26, 27, 27, dan 25 butir; (d) butir-butir tes terstandar tersimpan dalam sistem basis data bank soal; (2) perangkat lunak SPBCAT telah mampu menunjukkan fungsionalitasnya sebagai sistem penilaian hasil belajar, yang meliputi: (a) memilih dan menyajikan butir awal tes dengan tingkat kesulitan sedang serta memilih butir selanjutnya dengan tingkat kesulitan berdasarkan benar atau salah jawaban sebelumnya; (b) memilih dan menyajikan butir tes dengan FIB tertinggi; (c) kemasan butir-butir tes memiliki SEM yang relatif kecil sehingga sesuai dengan kemampuan masing-masing peserta ujian; dan (d) mengukur kemampuan akhir peserta tes menggunakan metode MLE dengan tingkat ketelitian 0,01; (3) perangkat lunak SPBCAT telah mampu menampilkan unjuk kerjanya secara layak: (a) mampu menyajikan butir-butir tes secara adaptif kepada 28 siswa dengan lancar; (b) unjuk kerja secara keseluruhan sangat valid menurut responden guru dengan skor rata-rata 120,2; dan (c) unjuk kerja secara keseluruhan sangat valid menurut responden siswa pada uji coba terbatas dan diperluas dengan skor rata-rata secara berturut adalah 84,25 dan 89,96.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: CAT, menganalisis, rangkaian, listrik
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 15 Mar 2016 05:49
Last Modified: 29 Jan 2019 08:05
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30330

Actions (login required)

View Item View Item