Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar IPS melalui Strategi PAKEM dengan Bantuan Media di SMP Negeri 1 Kandeman Batang

Aryani, Wulan Dwi (2014) Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar IPS melalui Strategi PAKEM dengan Bantuan Media di SMP Negeri 1 Kandeman Batang. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-wulan-dwi-aryani-12705259016.swf

Download (4MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) meningkatkan keaktifan dilihat dari delapan amatan melalui strategi Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan (PAKEM) dengan bantuan media, (2) meningkatkan sikap siswa terhadap pembelajaran IPS melalui strategi PAKEM dengan bantuan media, (3) mendapatkan bukti peningkatan ketuntasan hasil belajar IPS setelah diterapkan strategi PAKEM dengan bantuan media. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, menggunakan desain spiral Kemmis & Taggart. Subjek penelitian ini 40 siswa kelas VIII A SMP N 1 Kandeman Batang pada semester pertama tahun ajaran 2013/2014. Penelitian ini terdiri atas tiga siklus masing-masing siklus dua pertemuan. Setiap siklus menggunakan empat tahap yaitu: perencanaan, pelaksaaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Tindakan dalam siklus I menggunakan media kartu dengan materi kelangkaan, siklus II menggunakan media gambar dengan materi pelaku ekonomi, dan siklus III menggunakan media peta konsep dengan materi pasar. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah: (1) observasi, (2) wawancara, (3) angket, (4) tes hasil belajar, (5) dokumentasi, dan (6) catatan lapangan, sedangkan instrumen yang digunakan adalah (1) pedoman observasi guru dan siswa, (2) pedoman wawancara siswa, (3) angket sikap, (4) soal tes hasil belajar, dan (5) jurnal harian. Analisis data mengunakan analisis kuantitatif. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. (1) Ada peningkatan rata-rata dari delapan amatan keaktifan belajar siswa, pada siklus I rerata skor 64,69 (tinggi); siklus II rerata skor 72,94 (tinggi), siklus III rerata skor 84,50 (sangat tinggi). (2) Ada peningkatan sikap siswa terhadap pembelajaran IPS, rerata nilai pada siklus I 68 (baik), rerata nilai pada siklus II 77(baik), dan rerata nilai pada siklus III 85,75 (sangat baik). (3) Ada peningkatan ketuntasan hasil belajar IPS siswa, pada siklus I ketuntasan belajar 67,5% dengan rerata nilai 74, siklus II, 77,5% dengan rerata nilai 78, siklus III 85% dengan rerata nilai 83,65. Dengan menggunakan tiga media yang berbeda dalam setiap siklusnya terdapat tiga peningkatan aktivitas yang menonjol secara rangking yaitu: memperhatikan materi, mencatat hasil diskusi, dan semangat dalam beraktivitas. Dengan demikian penggunaan Strategi PAKEM dengan bantuan media dalam pembelajaran IPS dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa secara komprehensif.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: strategi PAKEM, media, keaktifan, hasil belajar
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Pasca Sarjana: Pendidikan IPS
Depositing User: Perpustakaan Program Pascasarjana UNY
Date Deposited: 14 Mar 2016 06:48
Last Modified: 14 Mar 2016 06:48
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30315

Actions (login required)

View Item View Item