Upaya Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar IPS Melalui Implementasi Strategi Peta Konsep di SMP Muhammadiyah 3 Depok Sleman

Hendriani, Wiwik (2014) Upaya Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar IPS Melalui Implementasi Strategi Peta Konsep di SMP Muhammadiyah 3 Depok Sleman. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-wiwik-hendriani-12705259017.swf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk 1) mendiskripsikan implementasi strategi peta konsep untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS peserta didik, 2) meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS peserta didik melalui implementasi strategi peta konsep, dan 3) mengetahui kendala-kendala dan cara mengatasi kendala yang dihadapi dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran IPS. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas. Variabel penelitian meliputi aktivitas belajar, hasil belajar, strategi peta konsep. Penelitian tindakan kelas ini diimplementasikan pada peserta didik kelas VIII D SMP Muhammadiyah 3 Depok Sleman karena terindikasi bahwa aktivitas dan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran IPS masih rendah. Penelitian dilaksanakan pada semester I tahun ajaran 2013/2014. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) implementasi strategi peta konsep dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS peserta didik kelas VIIID SMP Muhammadiyah 3 Depok Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta, 2) aktivitas peserta didik mengalami peningkatan yaitu dari rerata keseluruhan 3,39 atau senilai 67,8 pada siklus I menjadi 3,48 yaitu senilai 70 pada siklus II yaitu klasifikasi cukup menjadi baik. Hasil postes peserta didik yang mencapai nilai Kriteria Ketuntasan Minimal pada siklus I sebanyak 14 orang yaitu sekitar 43.75% dari total keseluruhan peserta didik dan meningkat pada siklus II menjadi 28 orang dengan persentase 85%. Pada tindakan ini telah tercapai KKM Klasikal yang diharapkan peneliti yaitu 85% dari total keseluruhan peserta didik, 3) kendala-kendala yang dihadapi ini adalah masih lemahnya manajemen waktu dari peneliti dalam proses pembelajaran serta penilaian terhadap aktivitas peserta didik karena terbatasnya pengamatan terhadap mereka dan kadang bersifat subjekif. Upaya mengatasi kendala yang dihadapi dengan pengalokasian waktu yang ketat dalam proses pembelajaran dan penilaian aktivitas peserta didik dapat dilakukan dengan penilaian antar mereka.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: aktivitas, hasil belajar, strategi peta konsep
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Pasca Sarjana: Pendidikan IPS
Depositing User: Perpustakaan Program Pascasarjana UNY
Date Deposited: 14 Mar 2016 06:31
Last Modified: 14 Mar 2016 06:31
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30314

Actions (login required)

View Item View Item