Penerapan Pendekatan Kontekstual dengan Bantuan Media untuk Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPS di SMPN 1 Wiradesa Pekalongan

Murniati, Wien (2014) Penerapan Pendekatan Kontekstual dengan Bantuan Media untuk Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPS di SMPN 1 Wiradesa Pekalongan. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-wien-murniati-12705259014.swf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menerapkan pendekatan kontekstual dengan bantuan media power point, kartu, bagan, gambar, dan pasar dalam pembelajaran IPS di SMPN 1 Wiradesa, (2) mendapatkan bukti empirik peningkatan kualitas pembelajaran IPS dilihat dari proses dan hasil belajar peserta didik di SMPN 1 Wiradesa, dan (3) menemukan faktor-faktor yang menjadi kendala dan pendorong dalam penerapannya. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classrrom action research) yang menggunakan model dari Kemmis & Taggart. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII.5 SMPN 1 Wiradesa tahun pelajaran 2013/2014 yang berjumlah 28 orang. Jenis tindakan yang diterapkan adalah pembelajaran dengan pendekatan kontekstual berbantuan media. Penelitian ini terlaksana dalam dua siklus. Siklus I terdiri atas dua pertemuan dan siklus II tiga pertemuan. Media pembelajaran yang digunakan pada siklus I berupa power point, kartu, bagan, dan gambar, sedangkan pada siklus II ditambah dengan pengamatan langsung terhadap kegiatan ekonomi di pasar terdekat. Teknik pengumpulan data meliputi: observasi, angket, wawancara, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode diskusi, tanya jawab, dan penugasan dengan bantuan media pembelajaran yang bervariasi dapat memunculkan tujuh komponen pendekatan kontekstual dengan kadar semakin meningkat pada setiap siklus serta dapat meningkatkan kualitas pembelajaran, baik dari segi proses maupun hasil belajar. Kualitas proses pembelajaran diukur dengan skala 1-4 pada pratindakan 1,68 (Kurang), siklus I meningkat menjadi 2,98 (Baik), dan siklus II meningkat lagi menjadi 3,72 (Sangat Baik). Kualitas hasil belajar diukur dengan skala 0-100 menunjukkan peningkatan sebagai berikut: (1) ranah kognitif, pada pratindakan rerata nilai 76,43 dan ketuntasan kelas 46%, siklus I 85,17 dan 89%, siklus II 88,84 dan 93%, (2) ranah afektif, meliputi kecakapan sosial (kerjasama, tanggung jawab, dan tenggang rasa) serta sikap positif peserta didik terhadap pembelajaran IPS pada siklus I rerata nilai 79 (Baik) dan siklus II 82 (Baik), (3) ranah psikomotorik, siklus I rerata nilai 84 (Baik) dan siklus II menjadi 98 (Sangat Baik). Penerapan pendekatan kontekstual berbantuan media dalam penerapannya tidak ada kendala yang berarti, sehingga terlaksana sesuai dengan rencana dengan didukung beberapa faktor pendorong antara lain: input peserta didik yang baik, lingkungan sekolah yang kondusif, dan motivasi yang tinggi dari guru untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pendekatan kontekstual, media, kualitas pembelajaran
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan IPS
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 14 Mar 2016 06:17
Last Modified: 29 Jan 2019 08:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30313

Actions (login required)

View Item View Item