PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING PADA SISWA KELAS V SD N BALONG, BANTUL, YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2015/2016

Kurniyati, Dwi (2016) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING PADA SISWA KELAS V SD N BALONG, BANTUL, YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2015/2016. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Dwi Kurniyati.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri Balong melalui penerapan model Quantum Teaaching dengan menggunakan tahap TANDUR (Tumbuhkan, Alami, Namai, Demonstrasikan, Ulangi, Rayakan) dalam pembelajaran IPS. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan model Kemmis Taggart. Subyek penelitian ini yaitu siswa kelas V SD Negeri Balong yang berjumlah 25 siswa. Penelitian berlangsung dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Pengumpulan data dengan menggunakan teknik tes tertulis berbentuk soal pilihan ganda, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu deskripsi kuantitatif dan deskripsi kualitatif. Hasil penelitian menggunakan model pembelajaran Quantum Teaching menunjukkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD N Balong hal ini ditunjukkan dengan nilai rata-rata pra tindakan 46,5 meningkat menjadi 78,6 pada siklus I. Berdasarkan indikator keberhasilan penelitian yang telah ditentukan dan hasil refleksi dari siklus I, penelitian dilanjutkan ke siklus II sehingga diperoleh peningkatan nilai rata-rata 82,6 pada siklus II. Pembelajaran Quantum Teaching dengan tahap TANDUR mengunakan metode penugasan, tanya jawab, ceramah, permainan, dan diskusi. Media yang digunakan dalam penelitian yaitu miniatur candi prambanan, gambar kaligrafi, dan miniatur candi borobudur. Model Quantum Teaching dengan tahap TANDUR dapat menciptakan suasana yang menyenangkan karena dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran, kemampuan siswa dalam memahami materi, semangat siswa dalam belajar, tanggung jawab siswa menyelesaikan tugas, dan kerjasama siswa dengan teman kelompok selama mengikuti proses pembelajaran. Peningkatan tersebut diperoleh dari hasil observasi keaktifan siswa selama mengikuti proses pembelajaran dengan menggunakan model Quantum Teaching dengan tahap TANDUR pada siklus I mendapatkan skor 53 dengan kategori cukup baik meningkat menjadi 79 pada siklus II dengan kategori sangat baik. Kata kunci: hasil belajar, IPS SD, model Quantum Teaching

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 14 Mar 2016 05:18
Last Modified: 30 Jan 2019 06:52
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30309

Actions (login required)

View Item View Item