KORELASI ANTARA DUKUNGAN SOSIAL ORANG TUA DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI SE-KECAMATAN MANTRIJERON, YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2015/2016

Kurniawan, Cahyo Adi (2016) KORELASI ANTARA DUKUNGAN SOSIAL ORANG TUA DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI SE-KECAMATAN MANTRIJERON, YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2015/2016. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Cahyo Adi Kurniawan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini berdasarkan observasi yang dilatarbelakangi pentingnya dukungan sosial orang tua dan motivasi belajar. Oleh karena itu tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara dukungan sosial orang tua dengan motivasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah ex post facto. Subjek penelitian yaitu siswa kelas IV SD Negeri se-Kecamatan Mantrijeron, Yogyakarta yang telah diambil secara proposional random sampling dengan jumlah 132 siswa. Instrumen yang digunakan berupa skala. Uji validitas menggunakan uji validitas isi dan uji reliabilitas menggunakan Cronbach’s Alpha. Adapun analisis data penelitian menggunakan analisis korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif antara dukungan sosial orang tua dengan motivasi belajar siswa r = 0,657, p < 0,05. Semakin tinggi dukungan sosial orang tua maka semakin tinggin motivasi belajar. Sebaliknya semakin rendah dukungan sosial maka semakin rendah motivasi belajar siswa. Kata kunci: dukungan sosial orang tua, motivasi belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 14 Mar 2016 05:13
Last Modified: 30 Jan 2019 06:52
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30307

Actions (login required)

View Item View Item