Penerapan Model Think Pair Share Berbantuan Media untuk Meningkatkan Aktivitas, Sikap, dan Hasil Belajar IPS di SMP Negeri 2 Sukoharjo, Wonosobo

Ngafifi, Muhamad (2014) Penerapan Model Think Pair Share Berbantuan Media untuk Meningkatkan Aktivitas, Sikap, dan Hasil Belajar IPS di SMP Negeri 2 Sukoharjo, Wonosobo. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-muhamad-ngafifi-12705259012.swf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan: (1) Aktivitas Belajar Siswa, (2) Sikap Siswa, dan (3) Hasil Belajar IPS siswa kelas VIII B SMP Negeri 2 Sukoharjo, Wonosobo. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terlaksana dalam dua siklus dengan menggunakan desain Kemmis & Taggart. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII B SMP Negeri 2 Sukoharjo Wonosobo pada semester pertama tahun pelajaran 2013/2014. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes hasil belajar, angket, dokumentasi, dan catatan lapangan. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini adalah: (1) Terjadi peningkatan aktivitas belajar siswa; pada akhir siklus I dengan rata-rata 67,84 menjadi 81,20 pada akhir siklus II. (2) Ada peningkatan nilai sikap siswa. Rata-rata nilai sikap siswa pada akhir siklus I 77,20 menjadi 84,49 pada akhir siklus II. (3) Terjadi Peningkatan hasil belajar dari kondisi awal dengan nilai rata-rata 65,58, pada akhir siklus I menjadi 79,10, dan pada akhir siklus II menjadi 85,90.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: model Think Pair Share, media pembelajaran, hasil belajar
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Pasca Sarjana: Pendidikan IPS
Depositing User: Perpustakaan Program Pascasarjana UNY
Date Deposited: 14 Mar 2016 04:47
Last Modified: 14 Mar 2016 04:47
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30305

Actions (login required)

View Item View Item