Ngafifi, Muhamad (2014) Penerapan Model Think Pair Share Berbantuan Media untuk Meningkatkan Aktivitas, Sikap, dan Hasil Belajar IPS di SMP Negeri 2 Sukoharjo, Wonosobo. S2 thesis, UNY.
Text
tesis-muhamad-ngafifi-12705259012.swf Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan: (1) Aktivitas Belajar Siswa, (2) Sikap Siswa, dan (3) Hasil Belajar IPS siswa kelas VIII B SMP Negeri 2 Sukoharjo, Wonosobo. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terlaksana dalam dua siklus dengan menggunakan desain Kemmis & Taggart. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII B SMP Negeri 2 Sukoharjo Wonosobo pada semester pertama tahun pelajaran 2013/2014. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes hasil belajar, angket, dokumentasi, dan catatan lapangan. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini adalah: (1) Terjadi peningkatan aktivitas belajar siswa; pada akhir siklus I dengan rata-rata 67,84 menjadi 81,20 pada akhir siklus II. (2) Ada peningkatan nilai sikap siswa. Rata-rata nilai sikap siswa pada akhir siklus I 77,20 menjadi 84,49 pada akhir siklus II. (3) Terjadi Peningkatan hasil belajar dari kondisi awal dengan nilai rata-rata 65,58, pada akhir siklus I menjadi 79,10, dan pada akhir siklus II menjadi 85,90.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | model Think Pair Share, media pembelajaran, hasil belajar |
Subjects: | Ilmu Sosial > Pendidikan IPS |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan IPS |
Depositing User: | Users 57 not found. |
Date Deposited: | 14 Mar 2016 04:47 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 08:04 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30305 |
Actions (login required)
View Item |