PENGARUH RELASI SEBAYA TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI SE-GUGUS 3 KECAMATAN SEWON KABUPATEN BANTUL

Nap, Yanus (2016) PENGARUH RELASI SEBAYA TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI SE-GUGUS 3 KECAMATAN SEWON KABUPATEN BANTUL. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
YANUS NAP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh relasi sebaya terhadap minat belajar siswa kelas V SD Negeri se-gugus 3 Kecamatan Sewon, Kabupaten Bantul. Metode penelitian yang digunakan adalah ex post facto dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri se-gugus 3 Kecamatan Sewon, Kabupaten Bantul dengan populasi sebanyak 84 siswa. Maka dalam penelitian ini menggunakan populasi sebagai penelitian bukan sampel. Adapun teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah penelitian berupa skala relasi sebaya dan skala minat belajar. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi sederhana. Berdasarkan hasil analisis penelitian dengan menggunakan kategori skor diketahui bahwa sebagian besar responden dalam penelitian ini mempunyai tingkat relasi sebaya dan minat belajar dalam kategori sedang. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh koefisien korelasi sebesar 0,642 dan Fhitung = 57,358 > Ftabel = 3,96 dengan taraf sig. F = 0,000 yang berarti terdapat pengaruh positif dan signifikan antara relasi sebaya terhadap minat belajar. Variabel independen (relasi sebaya) mampu memberi pengaruh yang signifikan terhadap variabel dependen (minat belajar) sebesar 41,2% sedangkan sisanya 58,8% dipengaruhi oleh variabel lain atau dapat dijelaskan oleh variabel lain di luar penelitian. Kata kunci: relasi sebaya, minat belajar, siswa kelas V

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 14 Mar 2016 04:21
Last Modified: 30 Jan 2019 06:52
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30302

Actions (login required)

View Item View Item