PENINGKATAN DALAM MENULIS SURAT MELALUI PENDEKATAN PAKEM KELAS V SDN WINONGO TIRTONIRMOLO KASIHAN BANTUL YOGYAKARTA

Juanti, Wita (2016) PENINGKATAN DALAM MENULIS SURAT MELALUI PENDEKATAN PAKEM KELAS V SDN WINONGO TIRTONIRMOLO KASIHAN BANTUL YOGYAKARTA. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Wita Juanti.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

melalui pendekatan PAKEM dan Meningkatkan hasil proses pembelajaran menulis surat melalui pendekatan PAKEM kelas V SDN Winongo Tirtinirmolo Kasihan Bantul Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Desain penelitian ini menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart yang terdiri dari 4 tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian tindakan ini yaitu siswa kelas V SDN Winongo Tirtonirmolo Kasihan Bantul Yogyakarta yang berjumlah 26 siswa. Penelitian ini dilakukan 2 siklus. Siklus I dua kali pertemuan, dan siklus II dua kali pertemuan. Pelaksanaan tindakan pada setiap pertemuan dilakukan dengan pendekatan PAKEM dalam pelajaran Bahasa Indonesia. Data yang dikumpulkan yaitu skor nilai rata-rata siswa. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah melalui observasi dan dokumentasi. Metode analisis data penelitian ini digunakan teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Intrumen penelitian yang digunakan berupa lembar observasi dan tes. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam menulis surat pada kelas V SDN Winongo dapat ditingkatkan dengan melalui pendekatan PAKEM. Peningkatan terjadi pada: (1) proses pembelajaran yang mengalami peningkatan ke arah yang lebih baik di setiap siklus, yaitu keantusiasan siswa dalam pelajaran, semangat belajar, keaktifan mengerjakan tugas, dan ketepatan waktu mengumpulkan tugas, (2) hasil dalam menulis surat juga mengalami peningkatan. Hal ini ditunjukkan dengan peningkatan nilai rata-rata siswa. Pada pratindakan ke siklus I menjadi 8,2%, sedangkan dari siklus I ke siklus II meningkat menjadi Kata kunci: Menulis surat, pendekatan PAKEM.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 14 Mar 2016 04:16
Last Modified: 30 Jan 2019 06:52
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30301

Actions (login required)

View Item View Item