KEMAMPUAN MENULIS DONGENG SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI JARAKAN KECAMATAN SEWON KABUPATEN BANTUL

Niab, Sufance Anaci (2016) KEMAMPUAN MENULIS DONGENG SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI JARAKAN KECAMATAN SEWON KABUPATEN BANTUL. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Sufance Anaci Niab.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan menulis dongeng pada siswa kelas V SDN Jarakan Kecamatan Sewon Kabupaten Bantul. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Jarakan Kecamatan Sewon Kabupaten Bantul yang berjumlah 47 siswa. Jenis Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Subjek dalam penelitian adalah siswa kelas V dengan jumlah populasi sebanyak 47 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan tes. Hasil tes kemampuan menulis dongeng pada siswa SDN Jarakan Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sebagaian besar siswa dengan presentase 61,70% telah mampu menulis dongeng dengan baik. Dikatakan baik karena siswa telah mampu menulis dongeng dengan memenuhi kriteria penelitian yaitu isi gagasan yang dikemukakan, organisasi isi, struktur tata bahasa, gaya pilihan kata, dan ejaan tata bahasa. Hal ini dibuktikan dengan adanya 29 siswa dari 47 siswa atau 61,70% telah mencapai KKM, sedangkan 18 atau 38,70% siswa lainnya belum mencapai KKM. Kata Kunci: Kemampuan Menulis Dongeng Siswa Sekolah Dasar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 14 Mar 2016 04:12
Last Modified: 30 Jan 2019 06:52
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30300

Actions (login required)

View Item View Item