PENGGUNAAN MEDIA AUDIO-VISUAL (VIDEO) UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD NEGERI BAKALAN, BANTUL, YOGYAKARTA

Golu, Siti Fajaria (2016) PENGGUNAAN MEDIA AUDIO-VISUAL (VIDEO) UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD NEGERI BAKALAN, BANTUL, YOGYAKARTA. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Siti Fajaria Golu.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar IPA dengan menggunakan media Audio-Visual pada siswa kelas IV SD Negeri Bakalan, Kecamatan Sewon, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research).Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV B SD Negeri Bakalan yang berjumlah 23 siswa.Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan angket.Sementara instrumen pengumpulan data menggunakan lembar observasi, pedoman wawancara, dan lembar angket.Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan minat belajar IPA kelas IV B SD Negeri Bakalan.Peningkatan didasarkan pada hasil penelitian siklus I, dimanaada beberapa siswa yang belum mempunyai minat untuk belajar dan memperhatikan pelajaran.Pada penelitian siklus II sudah mulai terlihat hampir seluruh siswa sudah memiliki minat belajar yang tinggi dalam mengikuti proses pembelajaran dengan menggunakan media audio-visual, dimana pada saat pemutaran video pembelajaran siswa terlihat memperhatikan dan merasa senang dengan proses pembelajaran tersebut, dan siswa terlihat sangat berantusias untuk mengikuti pelajaran dan berani untuk bertanya. Pada siklus I diperoleh nilai rata-rata kelas 78,27, ketuntasan ada 19 siswa atau 83% dan belum tuntas 4 siswa atau 18%. Pada siklus ke II hasilnya mengalami kenaikan yaitu rata-rata kelas sebesar 81,31 dan ketuntasan ada 21 siswa atau 92% dan belum tuntas ada 2 siswa atau 9%, dengan demikian ada kenaikan rata-rata dari siklus I ke siklus II. Selain itu minat belajar siswa dalam mengikuti pelajaran juga meningkat.Hal ini ditandai dengan meningkatnya minat belajar siswa terhadap pelajaran IPA. Kata kunci:Minat Belajar IPA, Media Audio-Visual (Video)

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Pendidikan > Media Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 14 Mar 2016 04:09
Last Modified: 30 Jan 2019 06:52
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30299

Actions (login required)

View Item View Item