Nugroho, Dimas Arif (2016) Kesiapan Guru SMK dalam Implementasi Kurikulum 2013 di Kabupaten Ogan Ilir. S2 thesis, UNY.
Text
tesis-dimas-arif-nugroho-12702251012.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kesiapan guru SMK Dalam implementasi Kurikulum 2013 Di Kabupaten Ogan Ilir ditinjau dari aspek pemahaman, keterampilan dan sikap. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi dengan model discrepancy. Penelitian ini dilakukan di tiga sekolah di Kabupaten Ogan Ilir dengan populasi guru SMK. Sampel penelitian ini berjumlah 94 orang yang terdiri dari 46 orang dari SMK N 1 Indralaya Utara, 25 Orang dari SMK N 1 Indralaya Selatan dan 23 orang dari SMK PGRI Tanjung Raja. Pengambilan sampel adalah dengan teknik purposive sampling. Pengumpulan data pada penelitian ini dengan menggunakan metode angket. Uji validitas meliputi validitas isi yaitu expert judgment dan validitas konstruk dengan rumus korelasi product moment. Uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach. Analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kesiapan guru SMK di Kabupaten Ogan Ilir adalah sebagai berikut: (1) Ditinjau dari aspek pemahaman: SMK N Indralaya Utara masuk kategori sangat siap dengan skor rata-rata sebesar 50,35%, discrepancy sebesar 21,4% (sangat rendah); SMK N 1 Indralaya Selatan masuk kategori siap dengan skor rata-rata 46,16%, discrepancy sebesar 30,76% (rendah); dan SMK PGRI masuk kategori siap dengan skor rata-rata sebesar 47,43%, discrepancy sebesar 27,93% (rendah). (2) Ditinjau dari aspek keterampilan: SMK N 1 Indralaya Utara masuk kategori siap dengan skor rata-rata sebesar 24,24%, discrepancy sebesar 32,33% (rendah); SMK N 1 Indralaya Selatan masuk kategori siap dengan skor rata-rata sebesar 24,8%, dengan decrepancy sebesar 30% (rendah); dan SMK PGRI masuk kategori dengan siap skor rata-rata sebesar 24%, discrepancy sebesar 33,33% (rendah). (3) Ditinjau dari aspek sikap: SMK N 1 Indralaya Utara masuk kategori sangat siap dengan skor rata-rata sebesar 42,67%, discrepancy sebesar 23,92% (sangat rendah); SMK N 1 Indralaya Selatan masuk kategori siap dengan skor rata-rata sebesar 41,8%,decrepancy sebesar 26,15% (rendah); dan SMK PGRI masuk kategori siap dengan skor rata-rata sebesar 40,30%, discrepancy sebesar 30% (rendah).
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kesiapan, discrepancy, pemahaman, keterampilan, sikap |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Kejuruan |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan |
Depositing User: | Users 57 not found. |
Date Deposited: | 14 Mar 2016 04:16 |
Last Modified: | 23 Aug 2022 01:21 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30298 |
Actions (login required)
View Item |