Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran IPS di Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Wahid Hasyim Yogyakarta

Rasyid, Hanang Ar (2014) Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran IPS di Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Wahid Hasyim Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-hanang-ar-rasyid-10705251026.swf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pendidikan karakter dalam pembelajaran IPS di MA Pondok Pesantren Wahid Hasyim dan menemukan faktor pendukung dan penghambat dalam proses pembentukan karakter siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Data dikumpulkan melalui observasi, dokumentasi, dan wawancara. Subjek penelitian terdiri atas: guru, kepala sekolah, siswa, dan orang tua siswa. Penentuan sampel dilakukan dengan menggunakan purposive sampling dan snowball sampling. Purposive sampling digunakan sesuai dengan kebutuhan atau pertimbangan tertentu dari peneliti, sedangkan snowball sampling digunakan untuk memvalidasi data yang diperoleh dari informan sebelumnya guna melengkapi data yang diperlukan. Data yang diperoleh kemudian akan dianalisis dengan menggunakan model analisis interaktif, untuk kemudian diverivikasi dan ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pendidikan karakter dilaksanakan melalui kegiatan intrakurikuler dan ekstrakuriker. Pendidikan karakter dalam kegiatan intrakurikuler diimplementasikan pada semua mata pelajaran termasuk dalam pembelajaran IPS. Pendidikan karakter dalam kegiatan ekstrakurikuler dilaksanakan melalui kegiatan tadharus dan hafalan Al-Qur’an (Tahfidzul Qur’an), shalat berjamaah, kegiatan kepramukaan, dan bela diri pagar nusa (2) Pendidikan karakter diimplementasikan dalam pembelajaran IPS mulai dari persiapan guru dalam pembelajaran hingga pembiasaan-pembiasaan di dalam kelas seperti datang tepat waktu, bersalaman dan membuka dan mengakhiri pelajaran dengan membaca Al-Qur’an (3) Metode yang digunakan guru IPS dalam penyampaian pendidikan karakter sebagian besar masih menggunakan metode ceramah sehingga respon siswa terhadap pelaksanaan pendidikan karakter belum maksimal (4) Faktor pendukung pelaksanaan pendidikan karakter dalam pembelajaran IPS diantaranya adanya tata tertib yang terpajang disetiap kelas, kultur sekolah yang merupakan, nilai kepesantrenan dan dukungan peran Kepala Sekolah dan Guru serta pihak yayasan, sedangkan faktor penghambatnya antara lain: sarana dan prasarana, dana dan pembiayaan, program termasuk di sini metode yang digunakan, buku penunjang tentang pendidikan karakter umumnya serta dalam pembelajaran IPS khususnya.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pendidikan karakter, pembelajaran IPS, kegiatan ekstrakurikuler dan intrakurikuler
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Pasca Sarjana: Pendidikan IPS
Depositing User: Perpustakaan Program Pascasarjana UNY
Date Deposited: 14 Mar 2016 04:08
Last Modified: 14 Mar 2016 04:08
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30297

Actions (login required)

View Item View Item