PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN IPA KELAS 3 SEKOLAH DASAR NEGERI JARAKAN, SEWON, BANTUL, YOGYAKARTA

Wati, Silfina Nugrah (2016) PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN IPA KELAS 3 SEKOLAH DASAR NEGERI JARAKAN, SEWON, BANTUL, YOGYAKARTA. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Silfina Nugrah Wati.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis sumber belajar yang dimanfaatkan guru dalam pembelajaran IPA kelas 3 Sekolah Dasar Negeri Jarakan, Sewon, Bantul beserta cara pemanfaatan dan kendalanya. Jenis penelitian ini yaitu penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas 3 Sekolah Dasar Negeri Jarakan, Sewon, Bantul. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan mengadaptasi teori Miles dan Huberman, yang meliputi langkah-langkah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sumber belajar yang dimanfaatkan guru kelas 3 dalam pembelajaran IPA adalah buku IPA kelas 3 terbitan Erlangga, LKS dan lingkungan alam sekitar sekolah. Pemanfaatan sumber belajar IPA oleh guru kelas 3 tersebut dilakukan dengan cara menggunakan buku IPA dan LKS (Lembar kerja siswa) berupa rangkuman-rangkuman materi dan alat evaluasi yang berisi soal-soal materi IPA untuk semua materi pembelajaran IPA. Adapun untuk lingkungan alam digunakan sebagai obyek bagi siswa dalam kegiatan pengamatan terhadap materi bentuk permukaan bumi, jenis daun dan jenis tumbuh-tumbuhan. Dalam pemanfaatan sumber belajar IPA di kelas 3 guru mengalami kendala sebagai berikut: 1) guru masih mengalami kesulitan dalam memanfaatkan sumber belajar IPA kelas 3. 2) siswa kurang semangat terhadap sumber belajar buku yang digunakan guru dalam pembelajaran IPA kelas 3. 3) ketersediaan alat praktikum sangat terbatas sehingga praktikum pembelajaran IPA tidak dapat dilaksanakan secara optimal. Kata kunci : Sumber belajar, pembelajaran, IPA.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 14 Mar 2016 04:04
Last Modified: 30 Jan 2019 06:52
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30296

Actions (login required)

View Item View Item