PENGGUUNAAN METODE PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN KETRAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV SD KARANGGONDANG SEWON BANTUL TAHUN AJARAN 2014/2015

Puspitasari, Sangkani Dewi (2016) PENGGUUNAAN METODE PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN KETRAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV SD KARANGGONDANG SEWON BANTUL TAHUN AJARAN 2014/2015. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Sangkani Dewi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini betujuan untuk meningkatkan ketrampilan berpikir tingkat tinggi siswa kelas IV pada mata pelajaran IPS , tahun ajaran 2014/2015 dengan menerapkan pembelajaran menggunakan metode problem solving. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan model Kemmis dan Mc.Taggart, dengan subjek tindakan yaitu siswa-siswi kelas IV SD Karanggondang yang berjumlah 35 siswa dan objek dalam penelitian adalah ketrampilan berpikir tingkat tinggi. Tindakan yang dilakukan selama penelitian adalah pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan metode problem solving. Pada siklus I dilakukan lima kali pertemuan yang terdiri dari empat kali pertemuan pelaksanaan pembelajaran dan satu kali pertemuan untuk melaksanakan tes evaluasi tindakan siklus I sedangkan pada siklus II dilakukan tiga kali pertemuan yang terdiri dari dua kali pertemuan untuk melaksanakan proses pembelajaran dan satu kali pertemuan untuk tes evaluasi tindakan siklus II.observasi dilakukan terhadap aktivitas guru maupun siswa dalam melaksanakan pembelajaran menggunakan tahapan metode problem solving. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, 1) pembelajaran IPS menggunakan metode problem solving dapat meningkatkan ketrampilan berpikir tingkat tinggi siswa kelas IV SD Karanggondang, pelaksanaanya yaitu: a)siswa menganalisis permasalahan, b) siswa membuat hipotesis, c). menguji hipotesis, e) siswa membuktikan hipotesis yang dibuat berdasarkan data yang didapat, f)siswa kesimpulan . 2) setelah diterapkanya pembelajaran IPS menggunakan metode problem solving dapat meningkatkan ketrampilan berpikir tingkat tinggi siswa dilihat dari hasil tes yang diberikan berikut presentase peningkatan pada prasiklus( 40%), siklus I (60%), dan dilanjutkan siklus II (77,15%) dengan peningkatan tersebut maka penelitian dihentikan karena telah mencapai indikator keberhasilan 75%. Kata Kunci : metode problem solving, ketrampilan berpikir tingkat tinggi

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 22 Mar 2018 00:47
Last Modified: 30 Jan 2019 06:52
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30294

Actions (login required)

View Item View Item