UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR MELALUI PERMAINAN LARI BOLAK BALIK MEMINDAHKAN BENDA PADA ANAK KELAS 1A SD NEGERI JARAKAN

Inna, Robinson Bara (2016) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR MELALUI PERMAINAN LARI BOLAK BALIK MEMINDAHKAN BENDA PADA ANAK KELAS 1A SD NEGERI JARAKAN. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Robinson Bara Inna.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan motorik kasar melalui permainan lari bolak balik memindahkan benda pada anak kelas 1A SD Negeri Jarakan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 1A SD Negeri Jarakan yang berjumlah 26 siswa yang terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Metode yang digunakan dalam mengambil data yaitu observasi dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif pada kemampuan motorik kasar. Hasil penelitian menunjukan bahwa setelah diterapkannya permainan lari bolak-balik memindahkan benda kemampuan motorik kasar siswa mengalami peningkatan pada kemampuan berlari, teknik gerak lengan dan teknik gerak. Permainan ini juga dapat menumbuhkan semangat dan antusiasme siswa dalam mengikuti permainan lari bolak-balik. Langkah-langkah dalam bermain permainan lari bolak balik memindahkan benda sehingga hasil yang diperoleh mengalami peningkatan yaitu: (1) guru memperagakan gerakan berlari dengan teknik gerak lengan dan gerak kaki membentuk 90 derajat (2) media yang digunakan menarik perhatian siswa, (3) guru memberi motivasi dengan melombakan siswa dengan temannya saat berlari. Hasil penelitian kemampuan motorik kasar terlihat pada nilai rata-rata KKM pada awalnya hanya sebesar 69% pada siklus I, meningkat pada akhir siklus II menjadi 92%. Peningkatan kemampuan motorik kasar melalui permainan lari bolak balik memindahkan benda dapat dilihat dari kondisi awal ke siklus I sebanyak 18 siswa dan dari siklus I ke siklus II sebanyak 24 siswa. Kata kunci : kemampuan motorik kasar, lari bolak balik memindahkan benda.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 15 Mar 2016 02:33
Last Modified: 30 Jan 2019 06:52
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30293

Actions (login required)

View Item View Item