Peran Media Massa dalam Meningkatkan Partisipasi Politik para Aktivis Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Kewarganegaraan di Yogyakarta

Novianasari, Diah (2014) Peran Media Massa dalam Meningkatkan Partisipasi Politik para Aktivis Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Kewarganegaraan di Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-diah-novianasari-12705251004.swf

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) peran media massa dalam meningkatkan partisipasi politik para aktivis Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Kewarganegaraan (HMP PKn) di Yogyakarta, (2) faktor yang mendorong peran media massa dalam meningkatkan partisipasi politik para aktivis HMP PKn di Yogyakarta, dan (3) faktor yang menghambat peran media massa dalam meningkatkan partisipasi politik para aktivis HMP PKn di Yogyakarta. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan pendekatan naturalistik. Penelitian ini dilaksanakan di Himpunan Mahasiswa Pendidikan Kewarganegaraan dan Hukum Universitas Negeri Yogyakarta (HIMA PKnH UNY), Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Universitas PGRI Yogyakarta (HMP PPKn UPY), dan Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Universitas Ahmad Dahlan (HMPS PPKn UAD). Informan dalam penelitian ini yaitu para aktivis HMP PKn di Yogyakarta yang diambil dengan teknik purposive sehingga diperoleh sebanyak 15 informan penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini, meliputi: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data dilakukan dengan teknik triangulasi sumber yang ditempuh dengan membandingkan hasil dari ketiga teknik pengumpulan data yang digunakan. Analisis data dilakukan secara induktif dengan menggunakan model analisis interaktif Miles dan Huberman, yang meliputi: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan tiga hal. Pertama, peran media massa dalam meningkatkan partisipasi politik telah mampu ditunjukkan oleh para aktivis HMP PKn di Yogyakarta yang mengarah pada tipe gerakan moral dan tipe budaya politik partisipan. Kedua, peran media dalam meningkatkan partisipasi politik para aktivis HMP PKn di Yogyakarta didorong oleh kebutuhan perkuliahan dan kesadaran diri para aktivis sebagai warga negara. Ketiga, peran media dalam meningkatkan partisipasi politik para aktivis HMP PKn di Yogyakarta masih mengalami hambatan. Para aktivis HMP PKn di Yogyakarta cukup aktif dalam menulis di media massa, namun ternyata masih mengalami kesulitan dalam hal publikasi dan kesempatan untuk terbaca oleh berbagai pihak yang disasar. Hal ini disebabkan oleh: kebebasan berpendapat yang belum sepenuhnya dijamin, tulisan terus terbaharui sehingga tidak semua tulisan dapat terbaca, partisipasi melalui kerja nyata di HMP PKn dinilai lebih efektif dibanding menulis opini di media massa, kepadatan aktivitas kampus, dan proses publikasi yang cukup terbatas melalui media surat kabar cetak.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: partisipasi politik, media massa, aktivis organisasi kemahasiswaan
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Ilmu Sosial > Kewarganegaraan dan Hukum
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan IPS
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 14 Mar 2016 03:33
Last Modified: 29 Jan 2019 08:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30289

Actions (login required)

View Item View Item