Evaluasi Pelaksanaan Pembelajaran Program Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Kecamatan Trucuk Kabupaten Klaten

Agustina, Atik (2014) Evaluasi Pelaksanaan Pembelajaran Program Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Kecamatan Trucuk Kabupaten Klaten. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-atik-agustina-11701251006.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian evaluasi ini bertujuan untuk mengetahui sejauhmana kualitas pelaksanaan pembelajaran program Pendidikan Anak usia Dini (PAUD) di Kecamatan Trucuk Kabupaten Klaten, dilihat dari aspek konteks, input, proses, dan produk. Konteks terdiri dari relevansi program dengan tujuan dan kebutuhan masyarakat. Input terdiri dari kelengkapan tenaga kependidikan, karakteristik pendidik, karakteristik peserta didik, dan kelengkapan sarana-prasarana. Proses terdiri dari perencanaan program, pelaksanaan program, dan manajemen serta kepemimpinan penyelenggara. Produk terdiri dari hasil belajar peserta didik dilihat dari aspek kognitif, motorik, bahasa, sosial-emosional, dan nilai agama- moral. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi dengan menggunakan model CIPP yang meliputi context, input, process, dan product. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah penyelenggara, pendidik, peserta didik, dan tenaga kependidikan yang ada di semua satuan PAUD sejenis (SPS) Kecamatan Trucuk, Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan observasi. Instrumen yang digunakan adalah angket dan lembar observasi. Validasi instrumen menggunakan validitas isi dengan pertimbangan ahli dan validitas konstruk dengan analisis faktor, sedangkan perhitungan reliabilitas instrumen menggunakan rumus Alpha Crombach. Hasil yang diperoleh dibandingkan dengan kriteria yang telah ditetapkan. Hasil evaluasi pelaksanaan pembelajaran program PAUD di Kecamatan Trucuk Kabupaten Klaten adalah sebagai berikut. (1) Aspek konteks terdiri dari dua komponen, komponen kebutuhan masyarakat termasuk dalam kategori baik dan relevansi dengan tujuan termasuk dalam kategori sangat baik kedua komponen sesuai dengan standar. (2) Aspek input terdiri dari empat komponen, komponen kelengkapan tenaga kependidikan belum sepenuhnya sesuai dengan standar, komponen karakteristik pendidik belum sepenuhnya sesuai dengan standar, komponen karakteristik peserta didik dan ketersediaan sarana prasarana telah sesuai dengan standar. (3) Aspek proses terdiri dari tiga komponen, komponen perencanaan pembelajaran termasuk dalam kategori sangat baik dan sesuai dengan standar, komponen pelaksanaan belum sepenuhnya sesuai dengan standar, komponen manajemen dan kepemimpinan penyelenggara termasuk dalam kategori sangat baik dan sesuai dengan standar. (4) Aspek produk terdiri dari 5 komponen, pencapaian kelima komponen perkembangan anak yang terdiri dari perkembangan kognitif, motorik, bahasa, sosial-emosional, dan nilai agama-moral termasuk dalam kategori sangat baik dan sesuai dengan standar. Secara keseluruhan pelaksanaan pembelajaran program PAUD di Kecamatan Trucuk belum sepenuhnya sesuai dengan standar.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: evaluasi program, pelaksanaan pembelajaran, PAUD, Trucuk Klaten
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Pasca Sarjana: Manajemen Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Program Pascasarjana UNY
Date Deposited: 14 Mar 2016 02:56
Last Modified: 14 Mar 2016 02:56
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30288

Actions (login required)

View Item View Item